Anak Nakal dan Susah Diatur Ternyata Lebih Bahagia daripada yang Nurut

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 10 Mei 2020 08:37
Anak Nakal dan Susah Diatur Ternyata Lebih Bahagia daripada yang Nurut
Nakal sedikit nggak ada salahnya kok, Moms!

Semua orang tua pasti ingin punya anak yang baik, penurut, dan pintar. Punya anak yang bandel, nakal, dan susah diatur justu dianggap menjadi sebuah masalah dalam hidup. Semua orang ingin anak yang sempurna dan nggak mau punya anak yang suka bikin masalah.

Padahal dari yang saya baca di Brightside.me, para psikolog mengungkapkan bahwa menjadi nakal justru bisa membuat anak merasa lebih bahagia dalam hidup. Hal itu bisa memengaruh perkembangan dan keberhasilan anak di masa depan. Nggak percaya?

1 dari 4 halaman

ilustrasi bayi kotor © Diadona

Setiap anak punya kepribadian yang unik dan cara berinteraksi sendiri dengan dunia. Tapi saat orang tua terus-menerus mengatur mereka maka sangat besar kemungkinan anak akan mengalami masalah dalam mengekspresikan diri. Selain itu anak juga akan sulit menentukan keinginan mereka yang sebenarnya.

Sebaliknya, anak nakal biasanya nggak takut untuk menunjukkan karakter dan kemandirian mereka. Meski nantinya akan dihujat oleh banyak orang, mereka cenderung nggak takut.

2 dari 4 halaman

Selain itu, anak yang nakal cenderung punya keingintahuan yang lebih tinggi. Sikap ini akan membuat mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang berpengetahuan luas. Mereka juga biasanya punya keinginan belajar yang sangat besar.

Sikap sangat aktif dan sedikit nakal yang dimiliki anak, kebanyakan merupakan sifat dalam diri mereka sendiri. Mereka nggak takut untuk mengungkapkan perasaan dan memanfaatkan waktu untuk mendapatkan banyak pengalaman. 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Bermain Hujan © Diadona

Terkadang semangat yang mereka miliki memang bisa jadi terlalu berlebihan. Tapi saat anak bertindak keras dan gila, justru hal itu menandakan bahwa mereka bahagia dan merasa percaya diri.

Anak yang nakal biasanya nggak mencari persetujuan orang lain. Mereka tahu sendiri apa yang baik untuk dirinya dan nggak takut untuk mengikuti jalan yang mereka pilih.

Anak nakal justru yang paling paham kegagalan bukanlah akhir dari dunia. Mereka tahu nggak ada situasi yang nggak bisa diperbaiki dan nggak malu terlihat konyol atau dikritik oleh orang lain.

4 dari 4 halaman

Sebaliknya, anak-anak penurut sering menjadi terlalu patuh dan terlalu takut untuk gagal dan mengecewakan. Sementara anak nakal akan cenderung lebih siap dan spontan dalam mencoba menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Mereka juga lebih tahan terhadap stres dan lebih mandiri.

Meski begitu, nakal dalam hal ini tentunya pada batasan yang wajar. Setiap orang tua punya cara tersendiri untuk mendidik anak-anaknya, dan nggak ada salahnya untuk mencoba membiarkan mereka sedikit nakal sesekali.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu!

Beri Komentar