Ternyata Les Memiliki Manfaat yang Penting untuk Anak lho Mom

Reporter : Riza Umami
Jumat, 25 September 2020 10:17
Ternyata Les Memiliki Manfaat yang Penting untuk Anak lho Mom
Apa ya manfaatnya?

Sejumlah orang tua biasanya akan meminta anaknya untuk mengikuti beberapa les seperti les pelajaran, musik atau yang lainnya. Biasanya, les ini untuk membantu anak agar lebih mudah memahami pelajaran dan meningkatkan bakat serta potensinya.

Yang perlu diperhatikan, anak tak perlu diikutkan semua les atau yang hanya ikut-ikutan temannya saja. Perhatikan, anak lemahnya dalam pelajaran apa atau bakat apa yang dimiliki oleh anak, sehingga Mom bisa memilih les yang tepat untuk anak.

1 dari 3 halaman

Selain itu, penting juga untuk mengetahui manfaat dari les untuk anak ini agar uang tak habis sia-sia hanya untuk mengikutkan si kecil banyak les tanpa ibu tahu pasti manfaatnya untuk anak.

Ilustrasi anak belajar © Diadona

Dilansir dari laman klikdokter.com, manfaat yang pertama, anak akan jadi lebih santai saat belajar karena tentu les tidak seformal seperti di sekolah. Suasana belajar pun lebih nyaman yang bisa dilakukan di rumah atau di tempat les, terserah pada anak lebih nyaman di mana sehingga dia pun akan lebih rileks dalam belajar.

2 dari 3 halaman

Berikutnya, saat les ini anak akan lebih leluasa berkomunikasi dengan guru lesnya, guru les pun bisa lebih fokus memperhatikan anak. Saat ada pertanyaan yang tak bisa anak selesaikan atau ada materi yang tidak dia mengerti, ia bisa bertanya langsung pada guru lesnya. Hal ini tentu saja akan melatih keberanian si kecil untuk berani bertanya dan berdiskusi.

Biasanya, cara belajar yang dipakai di tempat les ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan pendidikan formal di sekolah. Ada berbagai metode belajar yang digunakan untuk membuat siswa lebih cepat memahami materi yang sedang dia pelajari.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi anak belajar di rumah © Diadona

Les juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif si kecil. Ini pun salah satu alasan penting untuk memberikan les pada anak. Les ini akan meningkatkan intensitas belajar anak dengan metode-metode yang lebih menyenangkan daripada di sekolah.

Yang terakhir, les ini akan sangat berguna untuk meningkatkan bakat dan potensi anak. Les yang dimaksudkan ini seperti les musik, les piano, les berenang, les gitar dan lain sebagainya. Namun, sebelumnya pastikan dulu apa bakat anak dan minatnya terhadap bidang apa sehingga tak akan salah menentukan tempat les.

Nah, itulah beberapa manfaat les untuk anak. Kalau ada manfaat lainnya silahkan tulis di kolom komentar ya Mom. Semoga membantu.

Beri Komentar