Beberapa Cara Ini Pasti Bakal Bikin Anak Berani Bermimpi Setinggi Langit

Reporter : Riza Umami
Rabu, 23 September 2020 09:17
Beberapa Cara Ini Pasti Bakal Bikin Anak Berani Bermimpi Setinggi Langit
Tips jitu buat anak berani bermimpi.

Setiap orang tentu berhak untuk memiliki impian yang besar dalam hidupnya, begitu pula dengan anak-anak. Impian ini akan membuat anak jauh lebih semangat untuk mengejar cita-cita yang ingin dia raih.

Dilansir dari laman parents.com, anak bebas untuk menentukan apa pun mimpi mereka. Mereka boleh bermimpi menjadi seorang superstar, pemain sepak bola yang terkenal di dunia, astronot yang pergi ke bulan dan lain sebagainya.

Yang pertama harus diketahui adalah potensi dan minat anak. Ibu bisa memperhatikan ini dengan berbagai kebiasaan sehari-hari, misalnya dia suka main mainan yang bunyi-bunyian, atau suka main di halaman rumah atau yang lain sebagainya.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak-Anak © Diadona

Jika sudah mulai tahu bakat dan potensi anak ini, mulailah untuk fokus membantunya mengembangkan hal tersebut. Misalnya jika anak suka bernyanyi dan pandai mengingat lirik lagu, ajak anak untuk karaoke bersama di rumah atau jika dia mulai dewasa, tanyakan pada anak jika dia mau les.

Kemudian, untuk memperjelas mimpi anak ini, ibu bisa mengajaknya untuk mencatat impian-impian itu di sebuah kertas. Apa pun impian anak jangan sampai disepelekan atau ditertawakan karena itu bisa menyakiti perasaannya dan tentu tiap orang memiliki cita-cita dan keinginannya sendiri.

2 dari 2 halaman

Nah, saat anak sudah menuliskan impiannya itu, otomatis ibu pun akan jadi makin tahu cita-cita anak sehingga bisa membantunya untuk mencapai impian itu dengan maksimal. Hal ini bisa dengan memberikan dukungan secara moril dan materil.

Yang terpenting, jangan sampai memaksakan impian ibu pada anak karena apa pun yang dipaksakan itu tak akan terasa menyenangkan terutama bagi anak yang akan menjalani dan berusaha untuk mencapai impian tersebut. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar