5 Kegiatan Ini Bisa Mengalihkan Fokus Anak Selama Kita Bekerja di Rumah

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 24 September 2020 07:37
5 Kegiatan Ini Bisa Mengalihkan Fokus Anak Selama Kita Bekerja di Rumah
Bisa dicoba nih, Moms!

Pandemi corona masih belum usai di negara kita. Bahkan hampir setiap hari terdapat kasus baru yang membuat bahaya semakin meningkat.

Melihat kondisi ini, tentu mau nggak mau beberapa di antara kita harus tetap bekerja dari rumah. Pilihan ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita yang juga harus mengurus anak di rumah.

Saat berada di rumah, hampir semua anak akan selalu berusaha untuk mencari perhatian orangtunya. Hal ini seringkali membuat kita kesulitan untuk melanjutkan pekerjaan saat di rumah.

Tapi kita nggak perlu khawatir lagi tentang hal itu, Moms. Kita bisa memilih beberapa kegiatan agar fokus anak bisa teralihkan dari kita.

Dilansir dari Verywellfamily, berikut beberapa kegiatan yang bisa dicoba.

1 dari 5 halaman

Menggambar dan mewarnai

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Menggambar dan mewarnai bisa membuat anak sibuk selama beberapa jam. Kita bisa menyediakan beberapa alat agar anak bisa fokus menggambar.

Selain itu kegiatan ini juga bisa sangat bermanfaat bagi anak. Mereka akan mengembangkan kreatifitas selama berada di rumah.

2 dari 5 halaman

Membaca

Ilustrasi Anak Belajar © Diadona

Untuk anak-anak yang sudah bisa membaca tulisan, cara ini patut dicoba. Seperti yang kita ketahui, kita harus terus meningkatkan minat baca dalam diri anak-anak.

Kegiatan ini bisa menjadi cara efektif untuk mengalihkan fokus mereka. Selain itu kemampuan membaca anak juga akan semakin meningkat.

3 dari 5 halaman

Tidur siang

Ilustrasi anak tidur siang © Diadona

Waktu tidur siang bisa kita manfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan atau melakukan kepentingan lainnya. Namun kita tentu nggak bisa bergantung sepenuhnya dengan cara ini.

Ingatlah bahwa kebiasaan anak tidur siang seringkali berubah. Jadi jangan meletakkan tugas penting untuk diselesaikan saat anak tidur siang.

4 dari 5 halaman

Mainan

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Mainan selalu bisa membuat anak menjadi sibuk. Beberapa mainan bisa membuat anak terus bermain selama berjam-jam.

Jika anak bosan, kita bisa menyaring beberapa mainan dari kotak mainan miliknya. Setelah agak lama, kita bisa mengembalikan mainan yang disaring ke dalam kotak lagi supaya anak merasa bahwa mainan itu baru.

5 dari 5 halaman

Biarkan anak berimajinasi

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Anak-anak biasanya mulai berimajinasi dengan boneka atau mainan mereka. Meski kegiatan ini nggak bisa kita atur, tapi saat hal ini terjadi maka biarkan saja anak melakukannya.

Untuk mendukung imajinasi anak, kita bisa memberikan beberapa mainan pendukung untuknya. Dengan begitu anak akan punya kesibukan selama kita tinggal untuk bekerja.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar