Terbukti Anak Bungsu Ternyata Paling Humoris dalam Keluarga

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 12 Mei 2020 09:37
Terbukti Anak Bungsu Ternyata Paling Humoris dalam Keluarga
Kamu si bungsu yang humoris juga nggak?

Punya anak lebih dari satu memang menjadi tantangan tersendiri bagi setiap keluarga. Sosok kakak biasanya diharuskan untuk lebih bertanggung jawab. Sementara anak bungsu sering membuat anak lainnya merasa iri karena disebut-sebut paling dimanja oleh orang tua.

Banyak juga yang menyebutkan bahwa anak bungsu biasanya lebih cengeng dan sulit mandiri. Padahal sebuah penelitian juga sudah membuktikan bahwa anak bungsu punya keunggulan lain yaitu bisa mencairkan suasana dalam keluarga. Nggak percaya?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Dari yang saya baca di Times of India, sebuah komunitas online global bernama YouGov telah melakukan penelitian yang menunjukkan ada perbedaan signifikan dalam kepribadian anak tertua dan termuda. Orang yang mengikuti survei diharuskan untuk memberikan peringkat tingkat kelucuan mereka dibandingkan dengan saudara mereka. Selain itu, survei ini juga memberikan pilihan peringkat lain pada ketegasan, tanggung jawab, dan keterampilan manajemen mereka.

Hasilnya menunjukkan bahwa anak bungsu ternyata selalu berusaha menghibur keluarganya. Selain itu mereka juga cenderung lebih menyenangkan untuk diajak tinggal bersama.

2 dari 3 halaman

ilustrasi anak bermain © Diadona

Terlepas dari sisi humoris mereka, ada beberapa karakter lain dari anak bungsu yang membuat mereka cenderung berdiri sendiri secara terpisah dengan keluarga. Anak bungsu ternyata lebih suka berpetualang, santai, dan muda bergaul.

Hal ini disebabkan oleh sosok kakak yang mengambil peran lebih serius dalam keluarga. Selain itu, orang tua juga cenderung lebih 'lunak' pada anak bungsu daripada pada anak lainnya.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Anak bungsu juga disebut lebih kreatif daripada yang lainnya. Meski begitu, penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang lebih tua biasanya punya IQ lebih tinggi daripada adik mereka. Hal ini biasanya terjadi karena orang tua lebih khusus mendidik anak yang lebih tua daripada yang lebih muda.

Tapi jangan sampai kita membedakan kasih sayang antara kakak dan adiknya ya, Moms!

Beri Komentar