Ini 5 Cara Mengajarkan Si Kecil Biar Tumbuh Mandiri

Reporter : Sofi
Sabtu, 9 Mei 2020 17:47
Ini 5 Cara Mengajarkan Si Kecil Biar Tumbuh Mandiri
Moms pasti bangga kalau lihat anak melakukan sesuatu sendiri kan?

Melihat pertumbuuhan si kecil memang menyenangkan ya Moms, apalagi kalau mereka suka melakukan sesuatu sendiri. Seperti di umurnya yang masih kecil dia sudah bisa makan sendiri. Terlihat sederhana, tapi menirukan kebiasaan orang dewasa ini bisa dikatakan jika si kecil udah siap untuk belajar mandiri.

Mengajarkan si kecil mandiri memang harus dimuali sejak dini. Ini bertujuan untuk nilai kemandirian yang terus melekat seiring petumbuhan karakter dan perkembangan kepribadiannya. Ini loh Moms caranya untuk mengajari si kecil jadi mandiri.

1 dari 6 halaman

1. Tidak Ada yang Sempurna

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Seperti yang kita tahu, kalau anak kecil sedang dalam tahap belajar untuk semuanya. Tentu belum bisa melakukan hal yang sempurna, atau sesuai dengan yang biasa dilakukan orang dewasa. Jika si kecil melakukan kesalahn, lebih baik Moms memberi contoh dan saran dengan sabar daripada memarahinya. Dari situ, Moms bisa membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri si kecil untuk belajar mandiri.

2 dari 6 halaman

2. Memberi Tanda Kalau Si Kecil Sudah Besar

ilustrasi ibu memarahi anak © Diadona

Kalimat yang sering menjadi andalan bagi orang tua adalah ucapan " Adik kan udah besar, jadi gak boleh melakukan itu lagi ya," . Ternyata cara ini terbilang efektif dalam pembelajaran mandiri si kecil. Tapi kalimat ini hanya boleh dilontarkan ketika si kecil memang melakukan kesalahan. Karena jika digunakan terlalu sering, akan membuat si kecil menjadi gak menurut dengan Moms karena terlalu sering dimarahi.

3 dari 6 halaman

3. Memuji Si Kecil

Ilustrasi orang tua yang memberikan dukungan pada anak © Diadona

Memberi pujian dan mengapresiasi hasil kerja si kecil meskipun belum sempurna, akan memberi kepercayaan diri dalam dirinya. Gak harus memberi pujian yang besar, atau berlebih. Cukup dengan dengan memeluk, atau menciumnya adalah sesuatu yang sangat berharga baginya.

4 dari 6 halaman

4. Makan Sendiri

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Moms mungkin sering menyuapi si kecil yang berlari berkeliling. Lebih baik Moms menghentikan kebiasaan itu dan mulai membiasakan si kecil untuk makan sendiri. Selain menjadikan di kecil produktif, Moms bisa melakukan hal lain untuk menyelesaikan pekerjaan Moms.

Taruh si kecil di kursi makan khusus anak dan letakkan piring dengan dua sendok untuk si kecil dan Moms. Perlu diingat untuk Moms kalau memberi makanan pada si kecil untuk sudah memotongnya kecil sesuai dengan ukuran mulutnya. Kemudian biarkan si kecil untuk memegang sendoknya sendiri dan Moms menyuapinya. Dari sini, si kecil akan belajar memegang sendok sendiri dan berusaha makan sendiri.

5 dari 6 halaman

5. Menyuarakan Opini

Anak bermain dengan orang tuanya © Diadona

Tahu gak si Moms kalau salah satu ciri dari anak mandiri itu bisa membuat keputusan sendiri, dan itu sangat dipengaruhi dengan kemampuan berpikir kritis dan menyuarakan opnininya. Jadi bukan berarti mereka hanyalah bayi, mereka gak boleh menyuarakan pendapatnya. Ini bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti menanyakan jika si kecil ingin memakai baju apa, atau makan apa.

Dengan menanyakan hal-hal kecil seperti itu, ini akan merangsang si kecil untuk berpikir dan menyuarakan opininya. Kalau si kecil belum bisa berbicara lancar, maka berilah waktu untuk dia menjawab. Dengan begini mereka akan merasa jauh lebih percaya diri dan mandiri kalau tahu opini dan idenya didengarkan oleh orang dewasa.

6 dari 6 halaman
Beri Komentar