Umur Berapa sih Bayi Sudah Boleh Minum Susu Sapi?

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 7 Oktober 2020 07:37
Umur Berapa sih Bayi Sudah Boleh Minum Susu Sapi?
Yuk, ketahui risiko kalau terlalu cepat memberi bayi susu sapi.

ASI atau Air Susu Ibu sering disebut sebagai sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Di fase awal kelahiran, sebaiknya ibu menyusui bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Selain memberikan nutrisi untuk bayi, ASI juga bisa memperkuat kekebalan tubuh dan melindungi bayi dari infeksi. World Health Organization (WHO) bahkan juga menyarankan agar bayi mendapatkan ASI selama enam bulan pertama kehidupan mereka bersama dengan makanan pendamping hingga usia dua tahun atau lebih.

Lantas mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya, di usia berapa sebaiknya bayi mulai diperkenalkan dengan susu sapi? Dan apa sih risiko kalau memberikan susu sapi terlalu dini?

1 dari 4 halaman

ilustrasi bayi minum susu © Diadona

Dilansir dari Boldsky, di banyak negara terdapat perbedaan usia untuk menentukan kapan bayi diperbolehkan minum susu sapi. Misalnya di Amerika Serikan dan Inggir.

Di kedua negara itu, susu sapi lebih baik nggak diberikan sebelum bayi berusia satu tahun. Sementara di Denmark dan Swedia, susu sapi harus diperkenalkan secara bertahap sejak bayi berusia 9 dan 10 bulan.

Namun, sebagian besar negara menyarankan agar orang tua memberikan susu sapi saat anak berusia 12 bulan. American Academy of Pediatrics mengungkapkan bahwa susu sapi nggak boleh diberikan sampai bayi berusia satu tahun.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Minum Susu © Diadona

Bukan tanpa alasan susu sapi sebaiknya nggak diberikan selama tahun pertama kehidupan bayi. Penelitian menunjukkan bahwa susu sapi asli punya kandungan kasein yang tinggi.

Jika bayi mengonsumsi susu dengan kasein tinggi, maka bayi akan mengalami kesulitan untuk mencerna. Selain itu, susu sapi juga mengandung vitamin C, vitamin E, seng, niasin dan asam linoleat dalam jumlah yang sangat rendah.

3 dari 4 halaman

ilustrasi bayi minum susu © Diadona

Menurut sebuah penelitian, memperkenalkan susu sapi pada bayi di usia enam bulan juga dapat meningkatkan risiko anemia defisiansi besi saat bayi berusia satu tahun. Kekurangan zat besi selama dua tahun pertama kehidupan dapat mempengaruhi perilaku dan perkembangan psikomotorik.

Selain itu, paparan susu sapi secara dini dapat meningkatkan risiko alergi. Studi lain menunjukkan bahwa memberikan susu sapi kepada bayi dapat menyebabkan pendarahan usus.

Beri Komentar