Bagaimana Ya Mom Cara Menangani Anak yang Egois?

Reporter : Riza Umami
Selasa, 6 Oktober 2020 13:17
Bagaimana Ya Mom Cara Menangani Anak yang Egois?
Cara menangani anak yang egois.

Tiap anak memiliki sifat yang berbeda-beda. Salah satu sifat pada anak ini adalah egois. Anak yang egois ini biasanya tak mau mengalah dengan orang lain dan segala keinginannya ini harus dipenuhi.

Sejumlah orang tua menganggap biasa sifat yang satu ini karena memang sering dijumpai pada anak. Padahal, sifat egois ini jika dibiarkan berlarut-larut bisa menjadi kurang baik untuk anak bahkan dapat menimbukan masalah nantinya.

1 dari 3 halaman

Lantas, bagaimanakah untuk menangani anak yang egois ini sebagai orang tua? Dilansir dari laman klikdokter.com, yang pertama perlu dilakukan adalah dengan tidak terlalu memanjakan anak. Keinginan anak tidak perlu semuanya dituruti oleh orang tua bahkan bila anak sampai nangis.

ilustrasi anak marah © Diadona

Kemudian, anak pun perlu diajari 'bila dia menginginkan sesuatu maka dia harus berusaha'. Salah satu ajaran itu akan sangat berguna apalagi saat anak sudah dewasa nanti dan sudah tak ada orang tua yang selalu menuruti keinginannya. Cara mudah untuk mengajari anak tentang hal ini adalah dengan cara menabung saat anak ingin membeli sebuah mainan atau bisa juga dengan cara lain.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya, ibu pun juga perlu memperbanyak hubungan interaksi anak dengan anak sebayanya. Dengan bersosialisasi ini anak bisa belajar bagaimana harus berbagi dengan temannya dan juga kapan anak harus mengalah ketika keinginannya ini memang tak bisa dipenuhi.

ilustrasi anak marah © Diadona

Berikutnya, orang tua pun harus bisa menjadi contoh untuk anaknya karena si kecil memang cenderung mencontoh perilaku dari orang tuanya. Jangan sampai menunjukkan sikap egois pada anak ketika ingin membeli sesuatu atau ketika ada sebuah keputusan yang harus diambil. Berikan contoh yang baik pada anak agar buah hati pun tidak tumbuh menjadi pribadi yang egois.

3 dari 3 halaman

Terakhir, ajari anak untuk peduli kepada orang lain. Rasa empati ini juga akan sangat berguna dalam kehidupan anak nantinya. Anak yang memiliki rasa empati yang tinggi tentu akan disukai oleh banyak temannya. Saat anak bisa peduli pada orang lain, mereka pun tak hanya akan mementingkan dirinya saja sehingga sikap egois ini bisa terhindarkan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan agar anak tidak tumbuh dengan sifat egois dalam dirinya. Bila Mom punya kiat yang lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga membantu.

Beri Komentar