Apa Ya yang Harus Dilakukan Saat Anak Tak Punya Teman?

Reporter : Riza Umami
Senin, 5 Oktober 2020 18:17
Apa Ya yang Harus Dilakukan Saat Anak Tak Punya Teman?
Apa yang seharusnya dilakukan orang tua.

Ada banyak hal yang menjadi kekhawatiran bagi orang tua terutama ketika anak masih kecil dan masih masa-masa perkembangan. Salah satu yang dikhawatirkan adalah ketika anak tidak punya teman atau sulit untuk bergaul dengan anak sebayanya.

Pertemanan ini adalah salah satu hal penting dalam masa kanak-kanak karena dari sanalah anak belajar bagaimana cara berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Lantas kalau anak tak punya teman, tentu hal ini akan membuatnya sulit bergaul.

1 dari 3 halaman

Sebagai orang tua, kira-kira apa yang perlu diperlakukan saat mengetahui anak tak punya teman seperti ini? Dilansir dari laman klikdokter.com, Ikhsan Bella Persada, M.Psi, seorang psikolog mengatakan bahwa memang seharusnya orang tua membantu anak dan selalu mengajaknya untuk bersosialisasi.

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Hal ini tak perlu menunggu ketika anak sudah masuk sekolah, tetapi bisa dimulai dengan mengajak anak bermain dengan anak saudara atau tetangga yang seumuran dengannya. Bisa juga dengan mengajak anak pergi ke tempat bermain di mana di sana dia bisa bertemu dengan banyak anak-anak dan bermain bersama.

2 dari 3 halaman

Anak perlu dibiasakan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang bukan anggota keluarganya. Ikhsan pun menjelaskan kalau pola didik yang seperti ini akan mengajarkan anak untuk memahami kondisi anak seumurannya. Anak akan belajar untuk berbagi, berani bertindak, terutama saat ada anak lain yang mengganggunya.

Selanjutnya, ibu pun perlu mengenali dan memahami karakter anak karena memang ada beberapa anak yang pendiam dan pemalu. Hal ini tentu akan menjadi sebuah masalah bagi anak dalam bergaul dan berinteraksi dengan temannya.

Ilustrasi anak sedih © Diadona

3 dari 3 halaman

Untuk anak dengan kepribadian yang seperti ini, sebaiknya ibu membantu dan mendukungnya untuk bersosialisasi dengan temannya serta berikan pemahaman pada anak dengan bahasa yang mudah dimengerti. Mungkin butuh waktu tetapi lambat laun anak pun akan mengetahui pentingnya memiliki teman dan bersosialisasi dengan anak sebayanya.

Terakhir, mungkin ada masalah yang menyebabkan anak sampai tak punya teman. Masalah ini bisa beragam seperti anak di-bully dan dikucilkan. Ini bukanlah masalah yang mudah untuk dihadapi apalagi untuk anak kecil. Coba untuk tanyakan baik-baik pada anak masalah apa yang sedang dia hadapi. Pastikan ibu akan selalu ada dan siap menemani anak dalam keadaan apa pun.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ibu ketika mengetahui bahwa anaknya tidak memiliki teman. Bila ibu punya cara lainnya, bisa tuliskan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar