Kok Tumben ya Bayi Lebih Sering Rewel dari Biasanya? Duh, Jadi Panik deh!

Reporter : Mila
Senin, 6 April 2020 07:00
Kok Tumben ya Bayi Lebih Sering Rewel dari Biasanya? Duh, Jadi Panik deh!
Si kecil rewel itu biasa, tapi kalo sering-sering gini kan bikin panik :(

Karena belum bisa bicara, bayi mengungkapkan segala sesuatu dengan menangis dan rewel. Itu hal yang wajar kok. Tapi kalo nangis dan rewel terus menerus, kadang orangtua suka bingung dan pusing harus bagaimana.

Tenang dulu parents, kalo bayi mengalami hal seperti ini kemungkinan dia lagi mengalami wonder week. Apa itu wonder week?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

Istilah wonder week pertama kali diperkenalkan oleh Frans X. Plooj dan istrinya Hetti Van de Rijt, dokter peditari asal Belanda. Mereka menggambarkan wonder week sebagai lompatan perkembangan mental bayi selama 20 bulan pertama usianya.

Lompatan perkembangan mental ini menyebabkan perubahan sistem fungsi otak dan syaraf bayi yang ditunjukkan dari kemampuan bayi dalam melakukan atau mempelajari hal baru. Hal ini ditandai dengan bayi yang lebih sering menangis, rewel, dan pola tidur ga teratur.

Si bayi menangis dan rewel karena merasa cemas dan frustasi akibat ga tau gimana cara mengontrol kemampuan barunya tersebut. Biasanya wonder week berlangsung selama 7-14 hari. Lumayan lama ya~

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

Kuncinya cuma sabar, parents. Meskipun panik dan capek, ketahui juga kalau si kecil sebenernya kewalahan sama kemampuan barunya ini. Oleh karena itu orangtua harus lebih peka ya, misal langsung sigap menyusui kalau dia rewel atau bisa juga dengan sering-sering memeluknya.

Inget ya, kalau orangtuanya stres, bayi juga bisa ikut lebih stres lho. Jadi usahakan untuk selalu happy dan fit waktu mengurus si kecil :)

Beri Komentar