Foto Bayi Pakai Flash Katanya Bisa Bikin Buta, Beneran Gak Sih?

Reporter : Sofi
Sabtu, 4 April 2020 16:00
Foto Bayi Pakai Flash Katanya Bisa Bikin Buta, Beneran Gak Sih?
Padahal biar bagus kan kalau pakai flash.

Pasti kita sebagai ibu senang dong buat mengabadikan foto si kecil? Foto sana, foto sini, kadang juga kita pakai flash kamera biar hasilnya makin bagus. Tapi kalian pernah denger gak sih, tentang bahayanya flash atau cahaya kamera itu pada mata bayi bisa berakibatkan kebutaan?

Eh tapi jangan khawatir dulu Moms, ini ada penjelasan dari para ahli kok tentang hal itu. Dilansir dari id.theasianparent.com, ada sebuah penelitian ilmiah yang menyatakan jika gak ada bahaya yang ditimbulkan dari flash kamera untuk mata bayi. Para peneliti juga sudah mempelajari dan menyimpulkan jika flash kamera gak memengaruhi bayi dengan cara apapun.

1 dari 1 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Cara kerja flash kamera ini sama seperti sumber cahaya lainnya seperti cahaya lampu, atau sinar matahari langsung. Yang bisa menyilaukan mata bayi cuman beberapa detik, tapi gak membahayakan penglihatan. Tapi kalian juga harus tahu kapan menggunakan flash kamera ini.

Karena jika digunakan seperti pada keadaan ruangan yang benar-benar gelap atau dalam kondisi cahaya rendah, akan menciptakan efek kilat dan menghilangkan penglihatan bayi dalam beberapa detik, dan memberi tekanan pada retina. Gak cuman bayi, keadaan ini juga berlaku untuk orang dewasa ya! Maka dari itu, gak disarankan untuk mengambil foto dalam kondisi gelap yang bisa membuat mata buta sesaat.

Jadi gak apa-apa nih Moms, buat ambil foto si kecil pakai flash kamera karena gak berbahaya dan gak memengaruhi penglihatan mereka. Tapi ingat juga, untuk gak ambil foto di ruangan gelap, atau rendah cahaya ya!

Beri Komentar