Pentingnya Ikut Kelas Parenting Bagi Calon Orang Tua

Reporter : Riza Umami
Jumat, 11 Desember 2020 13:17
Pentingnya Ikut Kelas Parenting Bagi Calon Orang Tua
Mengapa perlu ikut kelas parenting?

Setiap orang tua memiliki cara mengasuh anak yang berbeda-beda. Ada orang tua yang lebih suka disiplin pada anak, ada yang sangat memanjakan buah hati, ada yang mendidik anaknya agar mandiri dan berbagai cara parenting anak lainnya.

Meski demikian, mengasuh anak ternyata memang bukan hal yang mudah apalagi bagi mereka yang baru pertama kali menjadi orang tua sehingga belum ada pengalaman. Oleh sebab itu, calon orang tua pun perlu memperbanyak pengetahuan dan ilmu parenting, salah satunya dengan mengikuti kelas parenting.

1 dari 3 halaman

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi,, seorang psikolog dari klikdokter, dia mengatakan bahwa kelas parenting sebenarnya penting karena sejatinya tidak semua orang tua bisa memberikan pengasuhan yang baik dan tepat untuk anaknya.

" Jadi kelas parenting ini bisa membantu orang tua supaya lebih percaya diri ketika melakukan pengasuhan anaknya" , ucap Ikhsan.

Ilustrasi Keluarga © Diadona

2 dari 3 halaman

Kelas parenting ini akan memberikan orang tua pengetahuan dan wawasan yang lebih banyak mengenai anak-anak serta cara pengasuhan seperti apa yang tepat. Ilmu parenting ini pun harus terus di-upgrade karena perkembangan anak juga ikut berubah seiring dengan kemajuan zaman.

Melansir dari sebuah studi yang dilakukan di University of Washington di Amerika Serikat, orang tua ternyata dapat mengurangi kecenderungan anak mengalami depresi atau gangguan kecemasan dengan cara menggunakan pola asuh yang sesuai terhadap kepribadian anak dan begitu pula sebaliknya.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi keluarga © Diadona

Biasanya, kelas parenting ini akan mengajarkan orang tua supaya lebih memahami perannya sebagai ayah dan ibu anak. Konten pengajaran tentang cara pengasuhan buah hati ini pun akan disesuaikan dengan usia anak mulai dari bayi, balita bahkan sampai remaja.

Beberapa manfaat yang akan didapatkan dari kelas parenting ini misalnya akan membantu supaya lebih percaya diri menjadi orang tua, bisa membangun hubungan yang lebih baik dengan anak, mengajarkan pola pengasuhan sesuai dengan kepribadian anak, memberikan perspektif baru dalam cara pengasuhan anak dan membantu orang tua membesarkan anak menjadi baik serta sukses. Wah, berguna banget ya Mom. Gimana, mau coba ikut kelas parenting?

Beri Komentar