Beberapa Cara Membangun Waktu yang Berkualitas Bersama Anak

Reporter : Riza Umami
Senin, 7 Desember 2020 16:17
Beberapa Cara Membangun Waktu yang Berkualitas Bersama Anak
Ini yang bisa dilakukan.

Sesibuk apa pun orang tua, tentu perlu untuk membangun dan menciptakan waktu yang berkualitas bersama dengan anak-anak. Hal ini bisa mendatangkan banyak manfaat seperti membuat anak bahagia, bagus untuk tumbuh kembangnya dan kesehatan mentalnya serta makin kuat ikatan antara orang tua dan buah hati.

Dilansir dari laman klikdokter.com, dr. Devia Irine Putri pun mengatakan kalau waktu yang berkualitas ini sangatlah penting untuk anak. Si kecil pun nantinya diharapkan jadi lebih terbuka pada orang tuanya dan hebatnya lagi dengan membangun waktu berkualitas bersama anak ini akan membuatnya terhindar dari ancaman depresi.

1 dari 5 halaman

" Menghabiskan waktu yang berkualitas dengan anak sangatlah penting. Kalau sampai hubungan antara anak dan orang tua tidak dekat, Mom pun jadi tak tahu perkembangan anak. Anak jadi tak bisa terbuka pada orang tua. Anak yang tertutup pun rentan mengalami depresi misalnya saat dia dibully di sekolah, dia tak bisa cerita pada siapa pun yang bisa memicu stres" , ucap dr. Devia menjelaskan.

Salah satu hambatan yang bisa membuat orang tua sulit untuk menghabiskan waktu bersama anak adalah karena keterbatasan waktu baik karena pekerjaan maupun yang lainnya. Oleh sebab itu, Mom pun harus memaksimalkan waktu yang ada dan melakukan beberapa hal berikut ini untuk membangun waktu yang berkualitas bersama anak.

2 dari 5 halaman

Fokus dengan Anak

ilustrasi ibu dan anak perempuan © Diadona

Ketika Mom merasa lelah karena berbagai kesibukan, biasanya anak pun akan dibiarkan main sendiri tanpa pengawasan. Jika hal ini berlanjut terus-menerus, tanpa disadari ibu akan kehilangan masa-masa perkembangan anak. Oleh sebab itu, luangkanlah waktu dan fokus pada anak. Taruh dulu pekerjaan atau ponsel saat di rumah dan fokus untuk menemani anak bermain atau mendengarkan ceritanya.

3 dari 5 halaman

Perbaiki Barang Rusak

Salah satu cara yang bisa ibu lakukan bersama anak adalah dengan mengajaknya untuk memperbaiki beberapa barang yang rusak di rumah. Hal ini bisa digunakan untuk menghabiskan waktu yang berkualitas dengan buah hati sambil mengajarinya tentang beberapa peralatan yang biasa digunakan di rumah.

Coba Permainan Anak

Ilustrasi Keluarga © Diadona

Tak ada salahnya untuk mencoba permainan anak. Misalnya buah hati suka main video game, saat anak main coba ibu ikut main bersama anak sehingga permainan pun akan terasa makin seru dan ibu pun bisa menjadi semakin dekat dengan buah hati tercinta. Namun, pastikan pula ibu memberikan batasan anak bermain game agar dia tidak sampai kecanduan.

4 dari 5 halaman

Jalan-Jalan Sebentar Bersama Anak

ilustrasi keluarga © Diadona

Setiap anak tentu senang saat diajak jalan-jalan oleh orang tuanya. Walaupun sebentar, ajaklah anak pergi ke luar baik di dekat rumah, ke taman atau pergi ke mall agar anak senang dan Mom pun juga bisa sambil refreshing dari penatnya pekerjaan atau kesibukan lainnya.

 

5 dari 5 halaman

Makan Malam Keluarga

Ilustrasi Keluarga © Diadona

Terakhir, jadikan makan malam ini menjadi momen yang menyenangkan dengan anak-anak. Mom bisa menyiapkan makanan-makanan enak kesukaan buah hati dengan beberapa tema tertentu agar membuatnya makin menarik untuk anak. Makan malam bersama anak ini adalah salah satu cara terbaik untuk menciptakan waktu yang berkualitas bersama keluarga. Semoga ulasan ini bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar