Bahaya Paparan Omicron, Begini Cara Menjaga Keluarga dan Si Kecil dari Virus Corona

Reporter : Kurnia
Senin, 31 Januari 2022 13:12
Bahaya Paparan Omicron, Begini Cara Menjaga Keluarga dan Si Kecil dari Virus Corona
Pastikan keluarga dan si kecil tetap sehat ya, Moms

Lagi, bahaya dan paparan virus corona kembali menghantui. Setelah dua tahun, sekolah dan berbagai instasi mulai aktif dan normal seperti biasa.

Namun masyarakat kembali dihantui rasa takut karena paparan virus corona baru mulai bermunculan. Di Ibu Kota apalagi, bahaya paparan omicron kian menghantui.

1 dari 6 halaman

Meski demikian, Moms tidak perlu merasa takut berlebihan karena ada beberapa cara untuk menjaga dan mengantisipasi si kecil juga keluarga agar tetap sehat dan aman dari paparan varian baru virus corona.

Seperti diketahui, Moms pasti sudah paham betul jika beberapa orang memiliki gejala Covid-19 yang ringan bahkan sebagian hanya mengira mereka mengalami flu biasa. Mungkin itu juga bisa terjadi pada si kecil, atau bahkan pada diri Moms sendiri. 

Namun sebagian orang memiliki gejala yang cukup parah seperti masalah pernapasan yang memerlukan perawatan intensif. Masih ada orang lain yang tertular virus corona tidak memiliki gejala sama sekali.

2 dari 6 halaman

Lantas, bagaimana sih caranya menjaga keluarga agar tetap aman dan jauh dari bahaya paparan Omicron, varian baru virus corona?

Ilustrasi Keluarga © Diadona

3 dari 6 halaman

Perawatan terus dikembangkan

Dikutip dari laman verywellfamily.com, suntikan vaksin tentu saja menjadi garda terdepan agar jauh dari bahaya paparan varian baru virus corona.

Saat ini, vaksin yang aman dan efektif sudah disediakan secara gratis oleh pemerintah. Bahkan hampir semua masyarakat Indonesia mendapatkan 2 dosis vaksin untuk mencegah paparan virus Covid-19.

Hal ini tentu saja sesuai dengan lembaga kesehatan WHO yang merekomendasikan jika setiap warga Negara berhak untuk mendapatkan vaksin sesegera mungkin demi melindungi diri dari virus. 

Bahkan dengan perlindungan ekstra yang diberikan oleh vaksin, tetap penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang masuk akal agar keluarga dan si kecil tidak tertular varian Covid-19 apapun, termasuk omicron yang tengah diwaspadai saat ini atau menyebarkannya ke orang lain. 

4 dari 6 halaman

Salah satu tindakan pencegahan terbaik adalah dengan sering mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan saat mencuci tangan tidak memungkinkan. Pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol efektif membunuh virus corona ya, Moms.

Selanjutnya, WHO juga merekomendasikan untuk selalu memakai masker baik di tempat umum, di dalam ruangan, di area transmisi komunitas yang substansial atau tinggi bagi siapa pun meski telah melakukan vaksinasi.

ilustrasi keluarga © Diadona

5 dari 6 halaman

Bagaimana Penularan Virus Corona?

Sebagian besar, virus corona ditularkan melalui tetesan pernapasan (air liur) yang dipertukarkan ketika dua orang berada dalam jarak dekat satu sama lain. Tetesan ini kemudian dihirup ke dalam mulut dan paru-paru, dan jika mengandung virus, mereka dapat menyebabkan infeksi dua hingga 14 hari kemudian. 

Ada juga bukti bahwa virus corona menyebar melalui partikel di udara yang menempel di udara setelah seseorang batuk, bersin, berbicara, bernapas, atau bernyanyi.

Transmisi melalui udara diperkirakan paling mungkin terjadi di dalam ruangan, ruang yang kurang berventilasi. Selanjutnya, Moms juga perlu tahu jika virus dapat ditularkan bahkan saat Moms atau si kecil berada sekitar 2 meter dari orang yang terinfeksi, loh.

Beri Komentar