Ragam Manfaat Miliki Cucu Buat Kakek Nenek, Bisa Menurunkan Risiko Kematian Sampai Alzheimer Loh

Reporter : Kurnia
Kamis, 17 Februari 2022 16:13
Ragam Manfaat Miliki Cucu Buat Kakek Nenek, Bisa Menurunkan Risiko Kematian Sampai Alzheimer Loh
sudah tahu belum kalau mempunyai cucu memiliki banyak manfaat?

Menjadi sumber kebahagiaan, memiliki cucu rupanya juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kakek dan nenek loh. Bahkan kakek dan nenek akan hidup lebih baik, sehat, dan bahagia setelah menerima cucu dari anak-anaknya.

Mengapa demikian?

1 dari 5 halaman

Mungkin tampak menyusahkan, padahal hubungan yang sehat antara cucu dengan kakek dan nenek adalah sumber kebahagiaan baru setelah kehadiran anak dan menantu mereka. Terlebih lagi apabila kakek dan nenek bisa dekat dengan cucu-cucunya.

Bermanfaat untuk kesehatan, meningkatkan panjang umur, hingga murunkan risiko depresi, cucu memang benar-benar menjadi sumber kabahagiaan dan kekuatan bagi kakek dan nenek. Lebih lanjut lagi, berikut adalah ragam manfaat yang akan didapatkan kakek dan nenek ketika mereka memiliki cucu.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Kakek-Nenek dan CucuIlustrasi Kakek-Nenek dan Cucu © shutterstock.com/g/stockbroker

1. Meningkatkan Kinerja Kognitif

Saat cucu masih kecil, mungkin kakak dan nenek akan lebih mudah lelah karena lebih banyak menghabiskan waktu bersama mereka. Meski begitu, berkumpul dan menghabsikan waktu yang panjang bersama cucu-cucu bisa meningkatkan kinerja kakek dan nenek, loh.

Seperti dirangkum dari litlethings.com, merawat cucu setidaknya satu kali dalam seminggu memiliki kognitif yang cukup tinggi bagi nenek dan kakek. Namun jika berlebihan menghabiskan waktu bersama cucu justru akan menurunkan kinerja memori kakek dan nenek, loh.

2. Menurunkan Risiko Alzheimer

Menghabiskan waktu bersama dengan cucu-cucu bisa membuat ingatan kakek dan nenek tetap tajam bahkan dapat menurunkan risiko Alzheimer karena bahagia, dan tidak mudah stress.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Kakek-Nenek dan CucuIlustrasi Kakek-Nenek dan Cucu © shutterstock.com/g/AmornSuriyan

3. Menurunkan Risiko Depresi

Sadar atau tidak, kakek dan nenek yang banyak menghabiskan waktu dengan cucu-cucunya bisa membuat mereka lebih bahagia loh. Lebih dari itu, kakek dan nenek bahkan bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Mengapa?

Tentu saja bagi kesehatan psikologis, di mana kakek dan nenek yang masih muda justru akan tetap awet muda karena kebahagiaan yang mereka dapatkan.

4. Meningkatkan Energi

Mungkin kakek nenek merasa jika memiliki cucu sangat melelahkan. Akan tetapi, sebenarnya kakek dan nenek bisa membuat tetap berenergi dan menjadi lebih aktif karena banyak bergerak loh.

Keaktifan si kecil juga bisa membuat kakek nenek ikut merasakan energy itu. Jadi, kakek dan nenek akan menjadi lebih aktif bergerak.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Kakek dan cucuIlustrasi Kakek dan cucu © Shutterstock.com

5. Menambah Pengetahaun

Bukan hanya cucu yang akan mendapatkan banyak ilmu dari kakek dan neneknya. Sebaliknya, kakek nenek juga akan banyak menerima pengetahuan dan pengalaman baru loh dari cucu-cucu mereka.

Saat kakek nenek memberikan pengetahuan soal kehidupan, sejarah, dan merariskan budaya juga tradisi, maka cucu juga akan membuat nenek merasakan pengalaman baru dengan mengetahui tren dan teknologi.

6. Meningkatkan Kehidupan Sosial

Saat kakek dan nenek suah lanjut usia, tak sedikit dari mereka yang merasa kesepian karena berkurangnya teman dan lingkungan sosial mereka.

Saat memiliki cucu, kakek dan nenek dapat merasa lebih bahagia dan kehidupan sosial mereka akan terasa terpenuhi loh.

 

Beri Komentar