Biar Nggak Gabut, Yuk Cobain Ide Ngabuburit Seru bareng si Kecil!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 9 Mei 2020 15:15
Biar Nggak Gabut, Yuk Cobain Ide Ngabuburit Seru bareng si Kecil!
Sembari nunggu buka puasa, main-main aja sama si kecil..

Di bulan Ramadan yang kebetulan bertepatan dengan anjuran untuk diam di rumah saja, Papa dan Mama pasti punya lebih banyak waktu untuk dihabiskan dengan si kecil. Biasanya, menjelang waktu berbuka puasa, Papa dan Mama sering mengajak anak-anak untuk jalan-jalan sembari mencari takjil. Bener nggak nih?

Namun, sayangnya kebiasaan yang satu ini nggak bisa dilakukan di situasi seperti ini. Alhasil, cuma bisa diam di rumah saja sembari menunggu waktu berbuka.

Tapi Papa dan Mama tenang aja, ada ide ngabuburit yang bisa dicoba bareng si kecil lho. Daripada main gadget atau nonton YouTube terus-terusan, cara berikut ini lebih bermanfaat bagi perkembangan si kecil lho.

1 dari 5 halaman

1. Bantu si Kecil Menghapal Doa Harian

Ilustrasi Mengajari Anak Membaca Al-Quran © Diadona

Menjelang berbuka, ada waktu luang yang bisa dimanfaatkan Papa atau Mama untuk mendidik si kecil lho. Salah satunya dengan membantu mereka menghapal doa harian.

Sebelum itu Papa perlu juga mengajarkan arti dan konsep dari doa yang akan dipelajari. Nggak cuma untuk mengisi waktu, tapi sekaligus mengajarkan agama pada si kecil.

2 dari 5 halaman

2. Ajak Main Monopoli

Ilustrasi Bermain Monopoli bersama Keluarga © Diadona

Menjelang waktu berbuka memang nggak enak kalau dihabiskan cuma untuk diam-diam saja. Ada baiknya jika Papa mengajak si buah hati untuk bermain monopoli sembari menunggu Mama menyiapkan buka puasa.

Permainan monopoli akan membantu Papa untuk mengasah kemampuan strategi si kecil, sekaligus mengajarkan cara menggunakan uang dengan bijak.

3 dari 5 halaman

3. Main Jenga

Ilustrasi Ayah dan Anak Bermain Jenga © Diadona

Main Jenga nggak cuma bisa dimainkan Papa dengan si kecil lho. Mama atau mungkin Kakek dan Nenek bisa juga bergabung dalam permainan ini.

Dengan bermain Jenga, anak akan belajar untuk mengontrol emosi, menganalisa risiko, serta mengembangkan sensor motoriknya. Yang terpenting, si kecil juga akan akan belajar mengenai menang dan kalah dalam sebuah permainan.

4 dari 5 halaman

4. Ajak Menyusun Lego

Ilustrasi Anak Bermain Lego © Diadona

Ngabuburit sambil main lego dijamin bisa bikin kita sedikit lupa tentang waktu berbuka. Daripada nungguin jam yang geraknya begitu-begitu saja, sebaiknya Papa mengajak si kecil untuk menyusun lego deh.

Si kecil bisa belajar mengaplikasikan imajinasi, melatih motorik, kedisiplinan, sekaligus kesabaran dan ketekunan. Yang nggak boleh dilupakan, jangan lupa ajak si kecil untuk selalu membereskan mainnya ya..

Beri Komentar