Kelihatan Sepele, Main Lego Ternyata Menyimpan Beragam Manfaat bagi si Kecil lho!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 7 Mei 2020 10:15
Kelihatan Sepele, Main Lego Ternyata Menyimpan Beragam Manfaat bagi si Kecil lho!
Main lego bukan sekadar hiburan lho.

Lego adalah sebuah mainan konstruksi dan bangunan, yang kerap kali bikin si kecil lupa waktu. Kadang, saking fokusnya mengatur posisi blok warna-warni ini, si kecil bisa menyingkirkan hal lainnya lho.

Meski demikian, memainkan lego punya banyak manfaat bagi si kecil lho. Kira-kira apa saja? Simak ulasan berikut ya Moms..

1 dari 5 halaman

1. Melatih Motorik Halus

Ilustrasi Anak Bermain Lego © Diadona

Setiap blok-blok lego pasti punya bentuk dan ukuran yang beragam, pemasangannya pun butuh tenaga yang bereda-beda. Dengan membiarkan si kecil bermain lego, maka sama artinya dengan melatih koordinasi mata dan tangan. Sekaligus sebagai latihan untuk mengontrol tekanan jari.

2. Melatih Kerjasama

Jika kebetulan si kecil bermain lego bersama teman, maka ini bisa jadi momen penting bagi keduanya untuk belajar bekerja sama. Mulai dari negosiasi peran sampai tanggung jawab untuk menyelesaikan lego yang dibangun.

2 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Kreativitas

Permainan lego bisa membantu memunculkan kreativitas pada si kecil lho, Moms. Tidak ada petunjuk 'resmi' mengenai salah benar, sehingga anak Mama bisa mengeksplor kreativitas tanpa takut salah dan gagal.

4. Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Saat si kecil bermain lego, mereka akan belajar berpikir dalam ruang tiga dimensi, memahami jarak, serta hukum dasar fisika. Petunjuk permainan pun akan mengarahkan mereka untuk fokus, mampu memecahkan masalah, serta perhatian pada hal-hal kecil.

3 dari 5 halaman

5. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Ilustrasi Anak Bermain Lego © Diadona

Biasanya nih, usai menyelesaikan bangunan legonya, si kecil akan menceritakan tentang apa yang dia buat. Momen ini sekaligus mengasah kemampuan mereka untuk menjelaskan gagasan, bicara mengenai proses, bahkan tantangan-tantangan yang mereka hadapi selama menyelesaikan permainan tersebut.

6. Mengajarkan Kegigihan

Saat menyusun lego, si kecil pasti berusaha dan berkonsentrasi penuh. Tapi manakala bangunan yang dibuatnya roboh, mereka pasti memotivasi diri sendiri untuk mencobanya lagi.

4 dari 5 halaman

7. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri biasanya akan timbul ketika si kecil berhasil menyelesaikan lego buatannya. Mama dan Papa perlu mengapresiasi keberhasilan ini lho, supaya kebanggaan ini senantiasa membuat mereka percaya diri.

8. Mengembangkan Kemampuan Perencanaan

Yang namanya bermain lego, sudah pasti ada beberapa hal tak terduga yang tiba-tiba muncul. Dari sinilah anak Mama akan belajar untuk mengembangkan kemampuannya untuk merencanakan sesuatu.

Beri Komentar