Beberapa Kesalahan yang Terkadang Dilakukan Ibu Baru Saat Mengurus Bayi

Reporter : Riza Umami
Selasa, 9 Februari 2021 08:17
Beberapa Kesalahan yang Terkadang Dilakukan Ibu Baru Saat Mengurus Bayi
Apa saja ya?

Pertama kali menjadi orang tua, biasanya Mom masih belum banyak pengalaman sehingga wajar saja bila melakukan beberapa kesalahan saat merawat bayi baik disadari ataupun tidak. Kesalahan ini terjadi karena Mom masih belajar menjadi orang tua baru.

Dilansir dari laman haibunda.com, ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan ibu baru saat merawat bayinya. Kira-kira apa saja ya Mom? Yang pertama yaitu cara memposisikan anak di car seat. Untuk menghindari hal ini sebaiknya ibu mencari tahu dulu bagaimana cara memasang car seat dengan benar dan tepat.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan Bayi © Diadona

Pada bayi yang baru lahir, Mom juga perlu memastikan kepala bayi tak mengarah ke bawah karena bisa menghambat pernapasannya. Hal ini perlu pemasangan kursi pada sudut yang tepat untuk menjaga kaki bayi tetap tegak dengan posisi tubuh bersandar sehingga si kecil bisa menoleh ke samping dan bernapas seperti biasa.

Berikutnya yaitu membenarkan setiap hal yang dikatakan oleh orang lain. Biasanya, orang terdekat Mom akan memberikan saran-saran saat mengurus bayi tanpa ibu bertanya lebih dulu. Pastikan semua informasi tersebut sudah Mom cari tahu dulu sebelum benar-benar diterapkan saat merawat si kecil karena tak semua informasi tersebut benar dan malah mungkin ada yang menyesatkan.

2 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Kesalahan lainnya yaitu tak membuat bayi bersendawa dengan benar usai menyusu. Ini adalah salah satu kesalahan yang kerap dilakukan ibu yaitu tidak meluangkan waktunya agar bayi bisa bersendawa dengan benar. Si kecil diturunkan dengan cepat setelah menyusu karena takut gendongannya tidak nyaman atau alasan yang lainnya.

Karena tak bersendawa, bayi mungkin akan muntah sehingga sebagian ASI yang berharga malah akan terbuang percuma. Mom bisa membantu bayi untuk sendawa dengan cara meletakkannya setinggi dada dengan dagu bayi yang bertumpu pada bahu ibu dan wajah menghadap ke satu sisi, perut menempel kuat di dada. Tepuk-tepuk atau gosok punggung bayi dengan lembut sampai ia bersendawa.

3 dari 3 halaman

ilustrasi bayi ngiler © Diadona

Terakhir, sebaiknya ibu tidak membawa bayi yang baru lahir ke tempat yang ramai apalagi dalam kondisi yang masih pandemi seperti sekarang. Bayi baru lahir ini lebih rentan terkena flu, virus atau penyakit menular lainnya sehingga sebaiknya tetap di rumah.

Bila ibu ingin membawa anak ke luar rumah sebentar misalnya untuk jalan-jalan, lakukan saja di sekitar rumah di mana tak ada terlalu banyak orang. Yang terpenting, hindari dulu membawa bayi yang baru lahir ini ke tempat yang ramai di mana ada banyak orang. Nah, itulah beberapa kesalahan yang perlu ibu hindari sebagai orang tua baru, semoga membantu ya.

Beri Komentar