Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari oleh Ibu Menyusui

Reporter : Riza Umami
Selasa, 9 Februari 2021 19:17
Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari oleh Ibu Menyusui
Ini Mom beberapa makanan dan minumannya.

Bayi yang baru lahir sampai berusia 6 bulan harus mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya. Tentu selama masa menyusui ini, Mom perlu memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi dan juga menjaga pola makanan agar anak mendapatkan ASI yang berkualitas dari ibunya.

Dilansir dari laman haibunda.com, sebenarnya tak ada makanan yang dilarang untuk ibu menyusui karena pada masa ini ibu perlu mengonsumi makanan dengan seimbang dan bervariasi. Namun, mungkin ada beberapa makanan yang perlu ibu hindari karena bisa berpengaruh pada kualitas ASI atau yang bisa menyebabkan Mom alergi.

1 dari 3 halaman

1. Ikan Laut yang Tinggi Merkuri

Ilustrasi Ikan Tuna © Diadona

Ikan sebenarnya adalah salah satu sumber makanan yang baik untuk perkembangan otak si kecil. Sayangnya, ada beberapa ikan dan bahan makanan laut yang kemungkinan bisa mengandung merkuri dengan kadar tinggi dan dapat menjadi racun bagi si kecil.

Bila bayi terus mengonsumsi makanan yang tinggi merkuri seperti ini, hal ini bisa berpengaruh pada sistem saraf pusat anak. Akibatnya, anak jadi mengalami keterlambatan pada keterampilan motorik halus, kemampuan berbicara, pemahaman berbahasa dan juga beberapa yang lainnya. Oleh sebab itu, ibu perlu membatasi untuk makan ikan laut terlebih dahulu selama menyusui.

2 dari 3 halaman

2. Kafein dalam Kopi, Teh dan yang Lainnya

kopi © Diadona

Sedari hamil, kopi ini memang salah satu minuman yang dibatasi untuk ibu, begitu pula di masa menyusui sekarang ini. Kopi merupakan salah satu minuman yang kadar kafeinnya cukup tinggi. Kafein inilah yang perlu dihindari karena itu merupakan stimulan yang bisa membuat bayi jadi gelisah.

Selain itu, ada beberapa makanan dan minuman lain yang mengandung kafein seperti teh, cokelat dan juga minuman cola. Boleh dikonsumsi hanya saja pastikan dalam sehari ibu tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein ini sampai 300mg per hari.

3 dari 3 halaman

3. Susu Sapi

27 Manfaat Kefir Susu Kambing Etawa Untuk Kecantikan dan Kesehatan © Diadona

Alergi susu sapi merupakan salah satu alergi yang kerap ditemui pada bayi. Gejalanya yaitu muncul ruam merah di kulit yang gatal; bengkak pada bagian bibir, wajah dan sekitar mata; muntah, sakit perut, kolik, diare atau sembelit; hidung berair atau tersumbat.

Pada beberapa anak ada yang tidak toleran laktosa atau gula alami dalam susu tersebut sehingga mereka tak bisa mencerna susu sapi tersebut di dalam tubuhnya. Namun, hal ini berbeda dengan alergi susu sapi dan hanya sementara. Gejalanya pun cukup berbeda yaitu anak mengalami diare, muntah dan juga sakit perut.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang perlu ibu batasi atau hindari dulu dalam masa menyusui bayi. Semoga si kecil dan ibu sehat-sehat selalu ya.

Beri Komentar