Amankah Memberikan Susu Formula Pada Bayi di Bawah 1 Tahun?

Reporter : Riza Umami
Rabu, 17 Februari 2021 08:17
Amankah Memberikan Susu Formula Pada Bayi di Bawah 1 Tahun?
Ini jawabannya.

Setiap ibu tentu berharap bisa memberikan ASI eksklusif pada bayinya yang baru lahir. Sayangnya, tak semua ibu bisa melakukannya karena berbagai alasan seperti ASI yang keluar hanya sedikit, pertumbuhan dan perkembangan anak yang kurang maksimal meski sudah diberi ASI eksklusif, atau berbagai alasan lainnya.

Dalam kondisi yang seperti ini, susu formula menjadi salah satu alternatif bagi para ibu untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi bagi buah hati. Lantas, apakah aman memberikan susu formula pada bayi yang usianya masih di bawah satu tahun?

1 dari 2 halaman

ilustrasi bayi minum susu © Diadona

Pertanyaan ini kemudian dijawab oleh seorang dokter yaitu dokter Nadia Nurotul Fuadah dari alodokter.com. Dokter mengatakan bahwa idealnya bayi hanya disusui dengan ASI saja hingga dia usianya sudah genap dua tahun atau bahkan lebih dari itu.

Hal ini bertujuan agar anak punya daya tahan tubuh yang prima, tumbuh kembang si kecil lebih optimal, dan menurunnya risiko anak mengalami alergi, infeksi, intoleransi laktosa dan juga beberapa masalah kesehatan lainnya yang mungkin terjadi padanya.

2 dari 2 halaman

ilustrasi bayi tidur © Diadona

Oleh sebab itu, dokter menyarankan agar Mom tidak memberikan dulu susu formula pada bayi usia di bawah satu tahun apalagi tanpa rekomendasi dari dokter. Namun, jika ada alasan khusus dan mendesak sehingga Mom disarankan oleh dokter untuk memberikan susu formula pada anak, maka hal itu bisa untuk dilakukan.

Biasanya, dokter akan menyarankan pemberian susu formula tambahan ketika bayi pertumbuhannya terhambat dan tidak kunjung membaik dengan pemberian ASI saja oleh ibu. Dalam hal ini, ibu pun perlu memberikan susu formula sesuai dengan rekomendasi dari dokter yang juga disesuaikan dengan usia si kecil. Nah, itulah jawaban dari pertanyaan di atas, semoga ulasan ini cukup membantu ya Mom.

Beri Komentar