Memasuki Remaja, Anak-anak Mulai Susah Makan? Begini Loh Moms Cara Mengatasinya

Reporter : Kurnia
Rabu, 12 Januari 2022 10:47
Memasuki Remaja, Anak-anak Mulai Susah Makan? Begini Loh Moms Cara Mengatasinya
Moms pasti bingung kenapa anak-anak semakin susah bahkan mengalami gangguan makan

Mengapa hal demikian bisa terjadi?

Pada dasarnya, semua hal tentang gangguan makan cukup susah untuk dibicarakan loh, Moms terutama dengan anak-anak saat memasuki usia remaja. Namun, orang-orang yang dalam pemulihan dari gangguan makan sering menunjukkan bahwa cinta dan dukungan yang mereka terima dari keluarga dan teman-teman mereka adalah bagian penting dari pemulihan mereka.

1 dari 5 halaman

Untuk alasan ini, Moms perlu mempertimbangkan untuk berbicara dengan anak atau anak-anak jika Moms telah melihat tanda-tanda gangguan makan pada diri merek. Lantas apa yang bisa Moms lakukan untuk tumbuh kembang mereka karena alami gangguan makan?

Dikutip dari laman verywellfamily.com, berikut adalah

beberapa tips yang bisa Moms gunakan untuk mengatasi masalah gangguan makan pada anak.

2 dari 5 halaman

Membuat rencana

Ilustrasi Wanita dan MakananIlustrasi Wanita dan Makanan © 2019 https://www.diadona.id/sweetdefeat

Ketika berbicara tentang mengatasi gangguan makan dengan anak-anak yang memasuki usia remaja, mulailah untuk mempelajari cara membedakan antara mitos dan fakta seputar gangguan makan, berat badan, dan nutrisi.

Seperti saran seorang ahli psikolog berlisensi Rachel Goldman, PhD, FTOS, yang berspesialisasi dalam perilaku makan serta asisten profesor klinis di Departemen Psikiatri di NYU School of Medicine untuk memikirkan tentang apa yang ingin Anda katakan dan kapan Anda ingin mengatakannya.

Cobalah untuk menghindari perkaataan atau diskusi selama waktu makan atau di sekitar makanan untuk menghindari kecemasan pada anak-anak.  " Anda berdua mungkin sudah cukup cemas di sekitar waktu makan, jadi jangan menambahkan lapisan kecemasan ekstra ke situasi yang sudah berpotensi memicu kecemasan."

Moms juga harus mencari dukungan untuk diri sendiri, tambahnya. Adalah normal untuk membutuhkan bantuan untuk mengatasi situasi ini.

3 dari 5 halaman

Buka dengan Pertanyaan

Setiap hubungan yang baik dimulai dengan menjaga jalur komunikasi tetap terbuka. Tetapi, terlalu sering orang tua menggunakan metode ceramah dan berbicara dengan anak-anak mereka tentang apa yang mereka lihat atau apa yang mereka khawatirkan. Ketika ini terjadi, anak-anak Moms mungkin akan lebih cenderung menutup atau mengabaikan Moms, loh.

Alih-alih membuka dengan peringatan bahaya gangguan makan atau menjelaskan secara rinci betapa khawatirnya Anda, mulailah dengan beberapa pertanyaan terbuka, pertahankan percakapan tentang perasaan alih-alih makanan.

4 dari 5 halaman

Jangan Mengomentari Tubuh Mereka

ilustrasi ibu dan anak remajailustrasi ibu dan anak remaja © shutterstock.com / disobeyart

Terkadang gangguan makan berkembang karena obsesi terhadap penampilan fisik. Makanan menjadi titik fokus karena anak-anak atau remaja percaya bahwa mereka dapat mencapai apa yang mereka inginkan dengan mengendalikan apa yang mereka konsumsi dengan cara tertentu, Moms.

Jadi, sebagai orang tua Moms akan lebih baik jika mencoba untuk tidak mengomentari penampilan atau berat badan anak-anak. Sebaliknya, fokuslah pada kekuatan internal mereka seperti kebaikan atau kemurahan hati mereka.

5 dari 5 halaman

Pilih Kata dengan Hati-hati

Masuk ke banyak detail tentang gangguan makan atau menggambarkan perilaku tertentu dapat menjadi bumerang. Alih-alih membantu anak melihat bahaya yang ditimbulkan oleh gangguan makan, Momsmalah mengambil risiko membekali mereka dengan ide-ide tambahan tentang cara mencapai tujuan mereka.

Selain itu, Moms juga perlu berhati-hati ketika berbicara tentang perilaku tertentu yang Moms saksikan dan ingin mengungkapkan kekhawatiran setiap orang tua. Ajukan pertanyaan dan beri mereka ruang untuk berbicara tetapi hindari mempermalukan remaja Moms atau memberi tahu mereka apa yang perlu mereka ubah.

Jangan menggunakan bahasa yang menuduh atau mengatakan hal-hal seperti 'Kamu makan terlalu banyak', 'Kamu tidak makan, hanya makan,' atau 'Kamu terlalu banyak berolahraga’.

Ingatkan dan tunjukkan pada anak-anak remaja bahwa Moms peduli dengan mereka. Tunjukkan jika Mms ada di sini untuk berbicara dan membantu mereka, tetapi juga mengingatkan mereka bahwa tidak perlu malu untuk berjuang atau mengakui bahwa Moms juga sedang berjuang.

Beri Komentar