Mulai Memberikan Tugas Pada Si Kecil Sesuai dengan Usianya Yuk, Moms!

Reporter : Kurnia
Jumat, 31 Desember 2021 13:58
Mulai Memberikan Tugas Pada Si Kecil Sesuai dengan Usianya Yuk, Moms!
Ada beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan anak dari usia 5 tahun loh

Beberapa Moms mungkin sudah memberikan tugas pada si kecil ya. Seperti membantu memasak makanan kesukaan mereka, menyapu lantai, atau bahkan mencuci piring bekas mereka makan.

Orang tua yang lain mungkin mulai meminta si kecil membantu pekerjaan dasar yang lain untuk melatih kemandirian mereka. Pada dasarnya, apa pun tugas yang Moms berikan pada si kecil pastikan untuk menyesuaikan dengan kemampuan mereka ya, Moms. Pastikan juga apa yang Moms ajarkan pada anak-anak juga ingin mereka lakukan.

1 dari 5 halaman

Manfaat Memberikan Tugas pada Si Kecil Sesuai Umurnya

Memberikan tugas pada anak-anak sesuai dengan umur mereka bisa meningkatkan harga diri si kecil loh, Moms. Lebih dari itu, mengajari anak-anak tentang pentingnya memiliki pekerjaan dan menyelesaikannya akan melatih mereka untuk bertanggung jawab.

Penting, jika Moms mengajari si kecil tentang tanggung jawab, pentingnya menjaga keberasihan, keteraturan, akan memberikan dampak positif dan manfaat yang cukup besar untuk tumbuh kembang mereka loh, Moms.

Lantas, pekerjaan rumah dasar apa saja sih yang mulai Moms bisa ajarkan pada si kecil sesuai dengan umur mereka? Dikutip dari laman verywellfamily.com, beberapa jenis pekerajaan berikut ini bisa dicoba untuk melatih si kecil sesuai dengan umur mereka.

2 dari 5 halaman

Pekerjaan yang Dapat Dilakukan Anak Usia 5 hingga 7 Tahun

  1. Sapu lantai
  2. Membersihkan tempat tidurnya
  3. Bersihkan kamarnya
  4. Menggantung handuknya
  5. Memberi makan hewan peliharaan
  6. Tata mejanya
  7. Bantu bersihkan piring setelah makan

Ilustrasi Anak MemasakIlustrasi Anak Memasak © https://www.shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

3 dari 5 halaman

Pekerjaan yang Dapat Dilakukan Anak Usia 8 hingga 10 Tahun

  1. Muat mesin pencuci piring
  2. Buang bahan makanan
  3. Buat sarapan, makan siang, dan camilannya
  4. Mencuci pakaian
  5. Jalan-jalan anjingnya
  6. Lakukan pekerjaan pekarangan
  7. Bantu buat makan malam

4 dari 5 halaman

Tips lain yang perlu Moms ingat

Ilustrasi Anak Mencuci BajuIlustrasi Anak Mencuci Baju © 2020 https://shutterstock.com/Africa Studio

Jika si kecil ingin membantu pekerjaan Moms, maka sebaiknya manfaatkan keinginan alami mereka dan dorong semangatnya untuk mengerjakan tugas anak. 

Jangan memaksa anak Moms untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin dia lakukan ya, sebagai gantinya, buatlah itu menyenangkan dan memikat sehingga dia ingin melakukannya. Imbalan dan insentif juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan anak-anak untuk inginkan ke lapangan 

Jika si kecil mengatakan dia bosan, itu mungkin karena anak kecil sering memiliki rentang perhatian yang pendek. Dia juga bisa mengalami kesulitan melakukan tugas sebaik yang dia inginkan. Tanyakan apakah dia ingin melakukan tugas itu dengan Moms atau biarkan dia beralih ke hal lain yang sama-sama menantang dan tidak terlalu mudah.

5 dari 5 halaman

Dapatkan masukannya tentang tugas apa yang ingin dia coba. Jika itu sesuatu yang terlalu sulit atau berbahaya untuk anak seusianya, cari alternatif lain. Misalnya, jika anak-anak Moms terlalu kecil untuk memotong sayuran, tetapi dia ingin membantu memasak makan malam, dia dapat merobek selada untuk salad atau mengukur dan mencampur bahan sebagai gantinya.

Buat tugas-tugas untuk anak-anak menyenangkan. Ketika Moms membersihkan rumah, Moms dan Daddy bisa memutar musik yang si kecil suka dengarkan untuk membuat kami termotivasi. Tidak hanya membuat kita bergerak, tetapi juga membuat menggosok toilet menjadi jauh lebih menyenangkan.

Beri anak-anak banyak pujian saat mereka melakukan banyak pekerjaan rumah tangga. Hal ini akan membuat mereka merasa lebih berharga dan lebih bangga dengan apa yang telah si kecil kerjakan.

Beri Komentar