Kenapa Sih Anak-anak Tidak Bisa Berhitung? Kenali Penyebab Hingga Cara Mengatasinya Yuk, Moms

Reporter : Kurnia
Selasa, 28 Desember 2021 15:28
Kenapa Sih Anak-anak Tidak Bisa Berhitung? Kenali Penyebab Hingga Cara Mengatasinya Yuk, Moms
Ketidakmampuan belajar matematika hanyalah salah satu ketidakmampuan belajar

Mungkin Moms sering kali merasa jengkel atau bahkan Moms merasa sedih hingga pasrah setelah kewalahan mengatasi ketidakmampuan anak belajar berhitung?

Pada dasarnya, tidak bisa dasar-dasar berhitung adalah satu dari sekian banyak ketidakmampuan belajar. Akan tetapi, anak-anak dengan ketidakmampuan belajar matematika dasar biasanya mereka tidak mudah memahami hubungan antara angka dan besaran yang diwakilkannya.

1 dari 5 halaman

Lantas, apa sih penyebabnya?

Dikutip dari laman verywellfamily.com, ketidakmampuan belajar berhitung dalam keterampilan matematika dasar si kecil kemungkinan akan membuat anak-anak kesulitan saat pemrosesan bahasa dan pusat keterampilan penalaran visual otak. 

Lebih lanjut lagi, ketidakmampuan belajar matematika diyakini turun-temurun atau warisan dari gen orang tuanya loh, Moms. 

Cacat Learning di matematika tidak semata-mata hasil dari masalah dengan ekspresif atau reseptif bahasa, visual, atau masalah pendengaran, atau koordinasi antara tangan dan mata saja. Namun, ketidakmampuan belajar berhitung juga dapat menjadi rumit oleh kondisi ini.

2 dari 5 halaman

Jika demikian, apa yang perlu Moms lakukan?

Evaluasi bisa membantu pendidik mengembangkan strategi yang efektif untuk perkembangan belajar berhitung si kecil. Strategi tipikal melibatkan materi langsung untuk mengembangkan kesadaran akan konsep matematika akan membantu Moms dan guru saat menghadapi anak-anak yang susah berhitung. 

Guru di sekolah juga dapat mengerjakan aspek matematika berbasis bahasa untuk membantu siswa dengan ketidakmampuan belajar memahami istilah dan hubungan antara angka dan kata-kata yang menggambarkannya.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Anak Belajar Membaca © Diadona

4 dari 5 halaman

Mitos

Tidak semua tentang ketidakmampuan anak berhitung itu benar ya, Moms. Orang dengan ketidakmampuan belajar dalam keterampilan matematika dasar memiliki kemampuan belajar umum yang setinggi, atau lebih tinggi dari rekan-rekan mereka. 

Anak-anak dengan ketidakmampuan belajar hanya memiliki defisit keterampilan dalam matematika dasar. Siswa dengan ketidakmampuan belajar matematika mungkin menjadi frustrasi karena upaya yang harus mereka keluarkan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. 

Beri Komentar