3 Ide Aktivitas Menyenangkan Bareng Si Kecil, Sehat dan Bahagia Bersama Keluarga Yuk Moms!

Reporter : Kurnia
Senin, 10 Januari 2022 13:40
3 Ide Aktivitas Menyenangkan Bareng Si Kecil, Sehat dan Bahagia Bersama Keluarga Yuk Moms!
Moms wajib tahu, nih

Aktivitas bersama si kecil terkadang terasa membosankan ya, Moms? Bingung mau ngapain karena anak-anak sudah mulai bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja?

Yuk, buat olahraga menjadi aktivitas ringan yan menyenangkan dan tentunya tetap baik untuk kesehatan keluarga di rumah ya, Moms. Saat olahraga sambil bermain, si kecil pasti akan merasa lebih leluasa dan bahagia karena seperti tengah menjalankan misi permainan.

Lalu apa ide apa sih yang bisa digunakan Moms dan keluarga agar si kecil lebih sehat dan bahagia? seperti dikutip dari laman verywellfamily.com, berikut ini adalah beberapa tips dan ide menyenangkan untuk Moms dan si kecil di rumah.

1 dari 5 halaman

1. Yoga

Gerakan-gerakan yoga bisa menjadi cara yang menyenangkan dan sederhana bagi si kecil untuk berolahraga loh, Moms. Beberapa gerakan yang mudah dan menyenangkan bisa dicoba untuk anak-anak termasuk pose Pohon, Anjing Menghadap ke Bawah, Anjing Menghadap ke Atas, Cobra, Pose Anak, dan Bayi Bahagia.

Setelah selesai, Moms bisa melanjutkan dengan beberapa peregangan sederhana untuk menjaga otot tetap kuat dan sehat. Urutan peregangan dan pendinginan juga dapat membantu transisi anak-anak ke keadaan yang lebih santai setelah latihan dan membantu mencegah cedera ya, Moms. 

Peregangan untuk dicoba termasuk peregangan samping, peregangan hamstring, jari-jari kaki, lingkaran lengan, lengan ke langit, peregangan betis, dan peregangan pelari.

2 dari 5 halaman

2. Skipping

Ada beberapa permainan skipping yang bisa Moms coba bersama si kecil di rumah, apa saja?

Lompat tali

Mengajak si kecil untuk bermain lompat tali dengan jangka waktu tertentu bisa menjadi salah satu ide menyenangkan bersama keluarga loh, Moms. 

Selanjutnya, Moms dapat meningkatkan kesulitan dengan meminta mereka untuk maju dan mundur, atau membuatnya lebih kompetitif dengan melihat anak mana yang paling banyak melompat dalam waktu yang ditentukan.

Ilustrasi Anak YogaIlustrasi Anak Yoga © unsplash.com / Jyotirmoy Gupta

3 dari 5 halaman

Jalur rintangan

Siapkan jalur rintangan sederhana dengan barang-barang yang dapat diakses, seperti kursi untuk dilewati dan pot untuk dilewati. Kemudian, atur timer dan minta anak-anak Anda untuk memecahkan rekor pribadi mereka.

Ilustrasi Anak BermainIlustrasi Anak Bermain © liputan6.com

4 dari 5 halaman

3. Sit Up

Lakukan latihan dasar yang melatih inti: Sit-up, push-up, dan papan. Si kecil dapat melakukan sit-up perut tradisional, sit-up sepeda, sit-up kaki, dan banyak lagi. Meski begitu, ada banyak variasi sit-up klasik yang bisa Moms coba bersama si kecil.

Anak-anak juga dapat belajar melakukan push-up dan papan dasar untuk memperkuat tubuh bagian atas dan otot inti di perut dan punggung. Ubah push-up tradisional dengan menjaga lutut tetap di tanah, sesuai kebutuhan.

 

Beri Komentar