Cara Mudah Mengajari Anak Belajar Berhitung Sebelum Masuk Sekolah, Moms Sudah Tahu?

Reporter : Kurnia
Rabu, 29 Desember 2021 14:04
Cara Mudah Mengajari Anak Belajar Berhitung Sebelum Masuk Sekolah, Moms Sudah Tahu?
Begini loh caranya, Moms…

Nggak perlu menunggu si kecil masuk sekolah, Moms bisa membantu si kecil belajar berhitung lebih awal loh. Pada umumnya, tenaga pendidik akan mulai mengajari anak-anak tentang konsep berhitung saat masuk taman kanak-kanak atau bahkan saat masuk kelas satu SD.

Jika Moms mau, si kecil bisa belajar lebih awal secara perlahan dengan mengajari ketrampilan berhitung. Belajar berhitung sejak awal tentu saja akan bermanfaat untuk anak-anak sebagai dasar untuk ilmu dan konsep matematika saat masuk sekolah.

1 dari 5 halaman

Tak selalu membutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran yang berat, mengajari si kecil berhitung bisa dilakukan dengan menyenangkan loh. Yups, tak selalu menjengkelkan seperti yang Moms bayangkan.

Tentu saja menggunakan konsep dan strategi sederhana yang bisa membantu anak-anak untuk mengembangkan kesukaannya pada angka dan berhitung. Ketika anak-anak berusia satu tahun lebih, Moms sudah mulai bisa mengajarkan mereka tentang angka dan berhitung ringan dengan model teknik berikut ya.

2 dari 5 halaman

Konsep sederhana mengajari anak berhitung

Dikutip dari laman verywellfamily.com, ada banyak cara untuk mengajarkan konsep bilangan awal dan berhitung pada si kecil. 

Misalnya, saat Moms memberikan makanan ke piring si kecil, coba hitung dengan keras berapa potong lauk, atau buah yang Moms masukkan. Hal ini akan melatih anak-anak untuk belajar berhitung sejak kecil loh,

Selanjutnya, ketika Moms menemani si ekcil mewarnai, berikan anak krayon dan katakan, " Ini satu krayon."  Beri dia dua dan katakan, " Ini dua krayon."

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

3 dari 5 halaman

Tunjuk benda-benda di rumah Anda dan hitung untuk anak Anda. Jadikan berhitung sebagai bagian alami dari interaksi Anda dengan anak Anda, dan dia bahkan tidak akan menyadari bahwa dia sedang belajar.

Setelah itu, Moms mungkin akan melihat si kecil mulai ingin menghitung dan belajar berhitung dengan Anda. Jika memungkinkan dan aman untuk melakukannya, biarkan anak-anak menyentuh benda yang ia hitung saat ia menghitung atau saat Moms menghitung.

4 dari 5 halaman

Cara Lain

Buat konsep balajar berhitung tetap singkat, dan cari kesempatan untuk tetap belajar menghitung bila memungkinkan tanpa berlebihan. Anak-anak prasekolah memiliki rentang perhatian yang pendek, jadi Moms perlu kreatifitas yang cukup tinggi dalam mencari peluang tanpa melemahkan minat si kecil.

Perlu digaris bawahi, bahwa membuat model belajar yang menyenangkan adalah bagian terpenting dalam mengenalkan angka kepada anak-anak. Tentu saja, Moms tidak boleh cepat berkecil hati jika ia tidak segera mengerjakan tugas-tugas tersebut, ya. 

anak belajar © Diadona

Cukup lanjutkan menjadi contoh secara teratur, dan anak-anak pada akhirnya akan mulai belajar dan menunjukkan pemahaman tentang belajar berhitung. Setelah si kecil melakukan ini secara konsisten, minta buah hati untuk meletakkan dua benda di tangan Moms atau mungkin ketika ia melakukan ini secara konsisten, mintalah tiga dan seterusnya.

5 dari 5 halaman

Untuk anak-anak yang lebih besar

ntuk anak-anak yang berusia 3 dan 4 tahun, Moms dapat mengajari mereka berhitung dengan sejumlah mainan umum. Boneka binatang, manik-manik pop seukuran kepalan tangan, dan cincin susun adalah mainan yang bagus untuk memulai belajar konsep matematika dasar.

Moms juga dapat mengajarkan nama warna saat Moms menghitung dengan jenis mainan ini. Saat bekerja sama dengan si kecil yang berusia 3 atau 4 tahun, penting untuk menjaga aktivitas tetap menyenangkan ya, Moms agar mereka tidak mudah bosan.

Bermain dan interaksi yang menyenangkan adalah aspek yang paling penting dari belajar mengajar pada usia dini. 

Beri Komentar