Lagi Ngetren di Kalangan Anak Artis, Ini lho Manfaat Balance Bike

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 9 September 2020 07:37
Lagi Ngetren di Kalangan Anak Artis, Ini lho Manfaat Balance Bike
Banyak anak artis yang menggunakan balance bike, ayo simak manfaatnya Moms!

Baru-baru ini olahraga bersepeda memang mulai ngetren lagi di tengah masyarakat. Nggak hanya bagi orang dewasa aja, tapi anak-anak juga banyak yang ikut menggemari kegiatan ini.

Sementara di kalangan anak selebriti, balance bike menjadi jenis sepeda yang sedang ngetren dan banyak digunakan. Dilansir dari Baby Sparks, balance bike ternyata sudah ada sejak lama lho!

Jenis sepeda ini sangat populer di benua Eropa, terutama di negara Belanda dengan banyak penduduk yang menggemari sepeda. Seiring dengan berjalannya waktu, orang tua di seluruh dunia mulai beralih menggunakan balance bike untuk mengajarkan anak mereka bermain sepeda.

1 dari 4 halaman

Apa itu balance bike?

Xabiru © Diadona

Balance bike juga punya sebutan lain yakitu striders atau glider. Sepeda ini dirancang khusus untuk anak balita.

Anak-anak berusia 2 tahun bisa mulai menggunakan balance bike. Dilengkapi dengan dua roda, balance bike nggak punta pedal.

Tujuan dari hilangnya pedal pada sepeda ini adalah untuk membantu balita belajar menyetir dan menyeimbangkan terlebih dahulu. Jika keseimbangan anak sudah lebih stabil, mereka akan lebih mudah menggunakan sepeda biasa dengan pedal.

Selain itu, balance bike juga punya beberapa manfaat lain sebagai berikut.

2 dari 4 halaman

Memberi kontrol

Sekala © Diadona

Balance bike memberikan lebih banyak kontrol pada balita. Mereka akan dikenalkan pada sepeda yang memanfaatkan stabilitas.

Balance bike dirancang untuk membuat buah hati kita merasa aman dan terlindungi. Selain itu sepeda ini juga mudah untuk dikendarai.

3 dari 4 halaman

Membantu anak mempelajari cara bersepeda

Sekala © Diadona

Mengayuh, menyeimbangkan, dan menyetir adalah kemampuan yang dibutuhkan saat belajar bersepeda. Dengan balance bike, anak bisa mempelajari semua kemampuan itu dalam satu waktu.

Tanpa kita sadari, anak akan mulai mengembangkan keterampilan bersepeda dengan menggunakan balance bike. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan keterampilan motorik dan koordinasi anak.

4 dari 4 halaman

Membangun keyakinan dalam diri

Sekala © Diadona

Pengalaman pertama bermain sepeda bisa menimbulkan rasa takut dan frustasi dalam diri anak. Jatuh dari sepeda mungkin adalah pengalaman yang dibutuhkan oleh anak, tetapi juga sangat menakutkan dan bisa membuat anak menjadi nggak percata diri.

Sementara balance bike sangat mudah untuk digunakan oleh balita. Mereka akan belajar keseimbangan dengan sangat cepat sehingga lebih percaya diri saat menggunakan sepeda biasa.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu ya!

Beri Komentar