Tips Menenangkan Anak yang Rewel Saat Kita Sedang Online Meeting

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 7 September 2020 15:37
Tips Menenangkan Anak yang Rewel Saat Kita Sedang Online Meeting
Gangguan dari si kecil bisa bikin pusing. Yuk, ikuti tips ini Moms!

Virus corona masih menjadi bahaya yang bisa menyerang kita kapan saja. Makanya meski sudah menjalankan era new normal, kita diharapkan untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah hingga kondisi ini bisa teratasi.

Beberapa orang tua pada akhirnya harus bekerja dari rumah karena kondisi ini. Perubahan ini tentu nggak mudah dijalani, apalagi jika anak kita masih sangat kecil dan membutuhkan perhatian kita.

Saat sedang online meeting, sangat mungkin anak secara tiba-tiba menjadi rewel dan merengek memanggil kita. Meski hal ini memusingkan tapi kita nggak perlu khawatir karena semua masalah ada solusinya kok, Moms!

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips menenangkan anak yang rewel saat kita sedang online meeting!

1 dari 3 halaman

Cari cara membuat anak sibuk

ilustrasi anak bermain © Diadona

Saat kita membutuhkan waktu untuk bekerja sendiri, kita juga harus memikirkan sebuah kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak. Kita juga harus menyesuaikan kegiatan tesebut dengan usia anak.

Kita bisa memberi anak kegiatan seperti mewarnai buku gambar, memberikan mainan, hingga menonton film untuk membuat anak punya kegiatan. Tapi pastikan juga kita mengontrol kegiatan yang mereka lakukan agar nggak memberikan dampak buruk pada anak.

2 dari 3 halaman

Mengajarkan tanda 'sedang sibuk'

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Kita bisa mengajarkan anak tentang isyarat tangan yang menunjukkan bahwa kita sedang nggak bisa diganggu. Hal ini dilakukan agar anak tahu bahwa kita sedang sibuk saat kita menunjukkan tanda tersebut dan akan menghampiri mereka saat waktu kita sudah lebih santai.

Tanda ini harus sudah diajarkan pada anak-anak sebelum kita menggunakannya. Untuk memahami hal ini biasanya anak-anak akan butuh banyak waktu untuk mengingat dan belajar sehingga kita juga harus bersabar.

3 dari 3 halaman

Membuat aturan dasar

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Jika anak-anak sudah pada usia yang lebih besar dan bisa memahami peraturan, kita bisa mulai menjelaskan tentang aturan yang kita buat terkait hal ini. Jangan lupa untuk memberikan alasan yang mudah dipahami oleh anak tentang mengapa dia nggak boleh mengganggu kita dalam keadaan tertentu.

Yakinkan anak bahwa kita akan membantu mereka nanti setelah selesai bekerja. Jangan lupa memberi anak perhatian dan penghargaan jika dia sudah menjalankan aturan dengan baik.

Semoga cara ini bisa menginspirasi kamu ya!

Beri Komentar