Baru Lahir, Bayi Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama Alami Bilirubin Tinggi

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 7 September 2020 07:37
Baru Lahir, Bayi Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama Alami Bilirubin Tinggi
Bilirubin tinggi sering menimpa bayi yang baru lahir.

Bilirubin tinggi merupakan kondisi yang seringkali dialami oleh bayi yang baru lahir. Kondisi ini juga dialami oleh putra ke-5 dari pasangan Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama.

Pada 1 September 2020, Ussy melahirkan bayi laki-laki yang diberi nama Sakalingga Ibra Pratama. Baru berusia beberapa hari, bayi mungil itu harus rutin menjalani perawatan karena mengalami bilirubin tinggi.

1 dari 4 halaman

Alami bilirubin tinggi

Ussy © Diadona

Dalam video yang diunggah di channel Youtube Ussy Andhika Official, keduanya menunjukkan bahwa bayinya harus rutin menjalani terapi sinar. Ussy mengungkapkan bahwa Saka punya bilirubin tinggi yang menyebabkan bayinya tidur terus.

" Iya dia bilirubinnya tinggi jadi tidur terus. Terus karena tidur terus hari ini nyusunya jadi nggak terlalu banyak," ungkap Ussy.

2 dari 4 halaman

Bilirubin pada tubuh manusia

Bayi Ussy Andhika © Diadona

Dilansir dari Healthline, bilirubin merupakan zat kekuningan dalam darah kita. Zat ini terbentuk setelah sel darah merah memecah dan bergerak melalui hari, kantog empedu, dan saluran pencernaan sebelum dikeluarkan.

Biasanya kadar bilirubin turun antara 0,3 dan 1,2 miligram per desiliter (mg / dL). Kondisi di mana bilirubin berjumlah di atas 1,2 mg/dL dapat dikatakan bilirubin tinggi.

3 dari 4 halaman

Bilirubin tinggi

Bayi Ussy Andhika © Diadona

Kondisi di mana tubuh memiliki kadar bilirubin tinggi biasa disebut dengan hiperbilirubinemia. Hal itu menjadi tanda yang mengawali kondisi tersebut sehingga penting untuk segera mendapatkan penanganan dokter jika hasil tes menunjukkan tubuh memiliki bilirubin tinggi.

Sementara banyak juga bayi yang dilahirkan dengan bilirubin tinggi. Hal ini menyebabkan bayi mengalami suatu kondisi yang bisa disebut dengan penyakit kuning baru lahir.

4 dari 4 halaman

Ciri-ciri bilirubin tinggi

Bayi Ussy Andhika © Diadona

Biasanya bilirubin tinggi pada bayi akan menyebabkan bagian kulit dan mata mereka berwarna kuning. Kondisi ini terjadi karena saat lahir, organ hati belum sepenuhnya bisa memproses bilirubin.

Meski terdengar menakutkan, kondisi ini biasanya nggak permanen dan bisa sembuh dalam beberapa minggu. Tapi mendapatkan penanganan dokter tentu akan lebih baik untuk mencegah risiko kondisi yang lebih berbahaya.

Semoga Saka bisa segera sembuh ya!

Beri Komentar