Ternyata Insomnia Bisa Menular ke Anak lho Mom, Ini Penjelasannya

Reporter : Riza Umami
Selasa, 8 September 2020 14:17
Ternyata Insomnia Bisa Menular ke Anak lho Mom, Ini Penjelasannya
Insomnia bisa menular ke anak.

Biasanya, insomnia dialami oleh orang dewasa yang disebabkan karena berbagai hal seperti banyak pikira, lagi stres dan lain sebagainya. Namun, ternyata anak pun bisa mengalami insomnia lho, Mom.

Insomnia sendiri adalah salah satu gangguan tidur yang membuat seseorang susah untuk tidur sehingga tetap terjaga bahkan sampai semalaman. Lalu, bagaimana yang mengalami insomnia ini adalah ibu, apakah kira-kira bisa menular pada anak?

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman klikdokter.com, ternyata hal tersebut dibenarkan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti di University of Basel di Swiss dan Sakari Lemola dari University of Warwick di Inggris.

Dari hasil penelitian itu, diketahui bahwa anak dengan ibu insomnia ini cenderung memiliki waktu tidur yang lebih pendek dibandingkan ibu yang tidur 8 jam sehari. Selain itu, anak pun terlihat tak nyaman dan tidurnya tidak nyenyak karena tertular insomnia dari ibunya.

Ilustrasi Anak-anaknya Kim K © Diadona

2 dari 2 halaman

Yang cukup unik adalah ternyata yang memengaruhi kebiasaan tidur anak ini hanya dari ibu. Kebiasaan tidur ayah sama sekali tak berpengaruh pada anak. Penelitian itu menunjukkan bahwa tidak satu pun dari masalah tidur pada ayah akan diikuti juga oleh anak.

Hal ini bisa disebabkan karena biasanya anak lebih banyak menghabiskan waktunya bersama dengan ibunya dibandingkan bersama ayah. Dengan kata lain, anak-anak cenderung meniru apa yang dilakukan dan kebiasaan ibunya. Faktor lain yang ikut memengaruhi kebiasaan tidur anak ini juga berasal dari gen orang tua terutama milik ibu.

Setelah mengetahui hal ini, ibu tentunya harus lebih mengontrol jam tidurnya. Pastikan untuk tidur dengan waktu yang cukup agar anak pun juga demikian. Jika mengalami insomnia, segera mencari cara untuk mengatasi masalah tidur tersebut agar tidak menular ke anak.

Beri Komentar