Kenali Bakat si Kecil Sejak Dini, Jangan sampai Terlambat ya Moms!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 20 Juni 2020 13:15
Kenali Bakat si Kecil Sejak Dini, Jangan sampai Terlambat ya Moms!
Orang tua milenial harus gerak cepat nih..

Bakat merupakan dasar atau suatu kemampuan bawaan sejak lahir. Meski bakat bisa timbul dengan sendirinya, penting bagi orang tua untuk mengenali bakat anak sedini mungkin.

Pada umumnya, bakat anak akan semakin terlihat jelas saat memasuki usia 10 tahun. Bakatnya pun biasanya ditandai dengan adanya kemampuan yang lebih menonjol daripada teman-teman sebayanya.

Lantas, gimana sih cara mengetahui bakat apakah yang dimiliki anak? Yuk, simak ulasan berikut ini Moms.

1 dari 4 halaman

1. Amati perilaku anak

Ilustrasi Orang Tua Mengamati Anak © Diadona

Cara termudah yakni dengan mengamati perilaku anak. Ada kalanya, tanpa sadar mereka akan menunjukkan bakat terpendamnya.

Mama dan Papa harus peka nih. Jika sudah ketahuan bakatnya, orang tua tentu bertugas mendukung si kecil untuk lebih mendalami bakat tersebut.

2. Biarkan anak mengeksplorasi kegemarannya

Jika belum terlihat pasti bakat apa yang dimiliki anak, maka sebaiknya Mama dan Papa membiarkannya mengeksplorasi banyak hal. Mama dan Papa cukup mendukung, mengarahkan, sambil tetap mengawasi yang mereka lakukan.

2 dari 4 halaman

3. Bentuklah komunikasi positif

Ilustrasi Ibu Mengobrol dengan Anak © Diadona

Mama dan Papa harus senantiasa membentuk komunikasi positif dengan si kecil. Tanyakan cita-cita dan impian apa yang ingin mereka raih, sembari mendorong mereka untuk perlahan-perlahan menapakinya.

4. Bersikaplah fleksibel

Perkembangan zaman memang membuat banyak hal berubah. Untuk itu Mama dan Papa harus bersikap fleksibel dengan setiap pemikiran yang diungkapkan anak. Jauh cepat-cepat menghakimi atau melarang, ada baiknya jika kalian memahami dan melibatkan anak dalam setiap keputusan.

3 dari 4 halaman

5. Dampingi anak dalam berproses

Ilustrasi Orang Tua Mendampingi Anak © Diadona

Jika Mama dan Papa menginginkan si kecil berprestasi dalam bakat yang dimilikinya, maka kalian pun perlu mendampingi dan mendukungnya dalam menjalani segala proses. Bagaimana pun hasil yang diperoleh, dukungan dan keberadaan orang tua terasa lebih penting bagi anak.

6. Jangan memaksakan kehendak

Pemikiran anak dan orang tua mungkin bisa saja bertolak belakang. Meski demikian, Mama dan Papa nggak berhak untuk memaksakan kehendak lho.

Bersabar dan pahamilah apa yang sebenarnya diinginkan anak. Selama masih dalam jalur yang baik, setiap keinginan anak tetap perlu didukung.

4 dari 4 halaman

7. Berikan apresiasi

Ilustrasi Orang tua Apresiasi Anak © Diadona

Apresiasi dari orang tua pada anak terasa begitu penting lho Moms. Pujian dan apresiasi yang diberikan orang tua akan membuat si kecil lebih semangat dan percaya diri untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya.


Akan lebih baik jika bakat anak diketahui sejak dini, sehingga Mama dan Papa bisa memberikan dukungan padanya. Ingat, jangan memberikan tekanan dan paksaan yang justru membebani si kecil ya Moms!

Beri Komentar