Cara Menghentikan Kebiasaan Bayi yang Suka Menggigit Benda

Reporter : Riza Umami
Senin, 1 Maret 2021 19:17
Cara Menghentikan Kebiasaan Bayi yang Suka Menggigit Benda
Begini caranya Mom.

Terkadang, ada beberapa anak yang punya kebiasaan suka menggigit benda-benda yang ada di sekitarnya. Sebenarnya, ini adalah hal yang normal serta merupakan bagian dari fase pemkembangan motorik anak.

Dilansir dari laman alodokter.com, kebiasaan yang satu ini disebabkan karena rasa sakit karena gusinya yang bengkak ketika masa tumbuh gigi. Menggigit ini pun juga salah satu cara anak untuk mengatasi rasa penasarannya terhadap benda-benda dan lingkungan sekitar.

1 dari 3 halaman

Meski ini adalah hal yang wajar, tetapi kebiasaan yang satu ini pun juga mempunya risiko untuk si kecil. Jika dia suka menggigit sembarang benda yang ditemui tanpa peduli bersih atau tidaknya, anak pun jadi rentan terkena infeksi kalau sampai menggigit benda yang kotor. Bisa juga benda yang digigit anak ini sampai tertelan atau membuatnya tersedak. Lantas bagaimanakah cara menghentikan kebiasaan ini?

ilustrasi bayi main © Diadona

Yang pertama yaitu ibu tak perlu meneriaki anak. Saat ibu mengetahui anak lagi menggigit sebuah benda, jangan langsung meneriakinya karena ini bisa membuat anak kaget. Hal ini pun ternyata dapat membuat si kecil jadi takut untuk belajar.

2 dari 3 halaman

Daripada meneriaki anak, lebih baik ibu melarang anak dengan bahasa yang lembut tetapi tetap tegas. Ibu bisa mengatakan bahwa hal tersebut tidak boleh kemudian ibu mengambil benda itu dan membuangnya jauh-jauh dari pandangan anak. Bila anak menangis, coba untuk menggantinya dengan benda yang lebih aman dan bersih untuk bayi.

Selanjutnya, ibu juga bisa menggunakan teether kalau anak suka menggigit seperti ini. Pada masa tumbuh gigi, anak mungkin merasakan tak nyaman karena gusinya yang bengkak, dia pun jadi suka menggigit apa saja yang dijumpai. Daripada anak menggigit benda yang kotor, lebih baik ibu memberikannya teether yang jauh lebih aman.

3 dari 3 halaman

ilustrasi bayi makan © Diadona

Selain teether, ibu juga bisa memberikan anak camilan yang sehat berupa finger food misalnya sayuran rebus, buah yang sudah dipotong-potong atau sereal. Dari sini, anak pun juga akan makin mengenal berbagai rasa dan tekstur dari beberapa makanan.

Terakhir, pastikan anak memperoleh istirahat yang cukup. Sebenarnya anak menggigit segala macam benda yang dia temui ini, mungkin juga merupakan caranya mengekspresikan rasa lelah atau marah yang dia rasakan. Oleh sebab itu, ibu perlu memastikan bahwa si kecil mendapatkan istirahat atau tidur yang cukup. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan, semoga cukup membantu.

Beri Komentar