Kesalahan yang Sering Orang Tua Lakukan Saat Ajari Anak Berjalan

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 13 Maret 2021 19:17
Kesalahan yang Sering Orang Tua Lakukan Saat Ajari Anak Berjalan
Walau terlihat sederhana dan biasa saja, tetapi ternyata bisa berisiko untuk anak.

Setiap bayi tentu akan mengalami fase belajar berjalan di mana biasanya orang tua akan membantu buah hati untuk melakukan hal tersebut yaitu dengan cara memegangi kedua tangannya.

Hal ini memang tampak sederhana dan biasa saja sebenarnya. Namun ternyata, ada kesalahan yang sering orang tua lakukan saat membantu anak belajar berjalan seperti ini. Dilansir dari utas akun Twitter @DokterPodcast, kesalahan tersebut yaitu memegangi kedua tangan anak sampai tinggi di atas kepalanya seperti gambar berikut ini.

1 dari 3 halaman

Nursemaid Elbow © Diadona

Ternyata, cara memegang anak yang seperti itu bisa menyebabkan tangannya tertarik dan dapat menyebabkan masalah pada tulang serta ligamen si kecil. Tentu Mom tak mau buah hati sampai mengalami hal seperti itu.

Kemudian, Dokter Pribadi Podcast menjelaskan bahwa pada siku itu ada tiga tulang penyokong yaitu radius, ulna dan juga humerus. Tulang penyokong tersebut disangga dan disokong dengan jaringan ikat yang disebut dengan ligament.

2 dari 3 halaman

Saat orang tua menarik tangan bayi dengan tenaga yang terlalu berlebihan melawan gravitasi dan juga berat badan bayi yang mengarah ke bawah, hentakan tiba-tiba inilah yang bisa membuat ligament sobek.

Nursemaid Elbow © Diadona

Paling parah dapat menyebabkan geser kepala dari tulang radius dari tempatnya. Kalau sudah terjadi begini, anak tiba-tiba langsung menjerit dan menangis sambil memegangi sikunya yang terasa sakit tersebut.

3 dari 3 halaman

Terkadang, ada pula orang tua yang bercanda dengan anaknya sambil mengangkat si kecil dengan cara menarik kedua tangannya kanan kiri oleh ibu dan ayah. Hal ini mungkin memang membuat anak senang tetapi ternyata bisa berpotensi menyakiti si kecil.

Ilustrasi Anak Belajar Berjalan © Diadona

Oleh sebab itu, Mom bisa mengajari anak berjalan dengan cara memegangi dua tangannya sejajar bahu bayi atau maksimal sampai setinggi telinga agar kejadian di atas tidak sampai terjadi pada buah hati. Selamat mencoba Mom dan semoga ulasan ini bermanfaat.

      View this post on Instagram

A post shared by PODCAST : DokterPribadi (@dr.pribadi.official)

 

Beri Komentar