Kapan Kita Bisa Mulai Menyikat Gusi Bayi?

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 24 Agustus 2020 07:37
Kapan Kita Bisa Mulai Menyikat Gusi Bayi?
Menjaga kebersihan mulut bayi itu penting, Moms!

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah menjaga bayi agar tetap bersih. Tentu hal ini sangat penting karena kebersihan bisa sekaligus melindungi kesehatan bayi kita.

Menyikat gigi bayi mungkin terasa aneh karena bahkan beberapa bayi nyatanya belum punya gigi untuk disikat. Tapi perawatan mulut sangat penting untuk dilakukan sejak dini.

Dilansir dari Mom.com, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan seputar menjaga kesehatan mulut bayi.

1 dari 4 halaman

Pentingnya membuat rutinitas

ilustrasi bayi ngiler © Diadona

Beberapa ibu mulai membangun rutinitas menyikat gusi bayi saat anaknya berusia 3 bulan. Rutinitas yang teratur nggak hanya memudahkan ibu, tetapi juga para bayi.

Menyikat gusi lebih awal nggak hanya membantu melindungi gigi yang baru tumbuh, tetapi juga membantu bayi merasa nyaman saat menyikat gigi. Dengan melakukan rutinitas ini, bayi cenderung nggak rewel saat dia memang sudah diharuskan untuk menggosok gigi.

2 dari 4 halaman

Bisa dimulai beberapa hari setelah bayi lahir

Ilustrasi Bayi © Diadona

Seorang perawat di Rumah Sakit Anak Dayton di Ohio, Jessica Smith, menyerankan agar ibu mulai menyikat gusi bayi beberapa hari setelah lahir. Kita bisa menggunakan kai kasa yang lembut, lembab, dan bersih.

Menjaga kebersihan mulut sejak awal sangat penting untuk kesehatan bayi. Bakteri yang ada pada mulut tentu bisa menyebabkan gangguan jika dibiarkan.

3 dari 4 halaman

Gabungkan dengan mandi

Ilustrasi Bayi © Diadona

Beberapa ibu mungkin memiliki naluri yang mangatakan bahwa sebaiknya kita menunggu gigi bayi muncul baru mulai menggosok giginya. Namun sebenarnya hal ini perlu dibiasakan.

Kita bisa mulai menggabungkan rutinitas ini bersama dengan waktu mandi bayi. Selama mandi kita bisa menggunakan kain kasa bersih untuk membersihkan gusi bayi dengan lembut.

4 dari 4 halaman

Jangan menunggu sampai gigi terlihat

Ilustrasi Bayi © Diadona

Banyak ahli yang menyarankan ibu untuk memulai hal ini sedini mungkin. Jangan menunggu atau menunda hanya karena gigi bayi belum terlihat.

Jika kita menerapkan kebersihan mulut sejak dini, anak juga akan terbiasa melakukannya hingga dewasa. Dengan begitu kesehatan mulut akan tetap terjaga.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar