Ibu Ini Punya Cara Unik Mengatasi Ketakutan Anaknya Saat Potong Rambut

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 22 Agustus 2020 07:37
Ibu Ini Punya Cara Unik Mengatasi Ketakutan Anaknya Saat Potong Rambut
Bisa ditiru nih, Moms!

Bagi beberapa anak, potong rambut bisa menjadi mimpi buruk bagi mereka. Sama seperti saat pergi ke dokter gigi, kegiatan potong rambut bisa membuat anak menangis dan merengek.

Keadaan seperti itu tentu membuat banyak ibu jadi pusing. Namun perlu dipahami bahwa potong rambut mungkin bisa menjadi pengalaman baru yang nggak biasa dilakukan oleh anak dan menumbuhkan rasa takut dalam diri mereka.

Dilansir dari Mom.com, kondisi itu juga dilami oleh anak dari seorang ibu bernama Katy Anderson. Setelah mendengar suara dengung alat pemangkas rambut, putranya akan langsung mundur ketakutan.

1 dari 4 halaman

anak potong rambut © Diadona

Katy mencoba menggunakan metode suap untuk membujuk anaknya agar mau potong rambut. Namun nyatanya cara itu nggak berhasil.

Suatu hari, suami Katy yang bekerja di bidang kesehatan mental mengobrol dengan seorang terapis tentang cara menenangkan anak yang merasa cemas. Dia menyebutkan bahwa bermain peran dan terlibat langsung dengan apa pun yang membuat anak takut bisa mengatasi hal itu.

2 dari 4 halaman

Akhirnya Katy dan suaminya benar-benar melakukan hal itu. Pertama dia mencoba menerapkannya pada anaknya yang takut dengan jarum suntik.

Sejak anaknya bisa bicara, anaknya itu selalu menolak disuntuk jika sudah masuk ke ruangan dokter. Jadi, Katy pun mulai memberikan anaknya alat suntik tanpa jarum untuk dimainkan di rumah.

3 dari 4 halaman

ilustrasi anak disuntik © Diadona

Sang anak kemudian bermain peran dengan memberikan suntikan pada mainan dan boneka yang dia miliki. Tanpa sadar anaknya meyakinkan mainan itu bahwa disuntik rasanya nggak sakit.

Meski nggak sepenuhnya menghilangkan rasa takut anaknya pada jarum suntik, namun hal ini membuat anaknya lebih berani saat mengunjungi dokter.

4 dari 4 halaman

Sementara untuk putranya yang takut potong rambut, Katy juga menggunakan cara yang sama. Katy meminta sang anak untuk memegang alat pemangkas rambutnya sendiri dan memotong sedikit rambut boneka kesayangannya.

Di saat yang bersamaan, Katy akan memotong rambut anaknya dengan alat pemangkas miliknya. Pada akhirnya cara ini pun berhasil membuat anaknya nggak takut potong rambut.

Semoga cara Katy ini bisa berguna juga buat kamu ya!

Beri Komentar