Apa Aja Ya Mom Tanda-Tanda Kalau Anak Udah Siap MPASI?

Reporter : Riza Umami
Kamis, 20 Agustus 2020 11:17
Apa Aja Ya Mom Tanda-Tanda Kalau Anak Udah Siap MPASI?
Ini tanda-tandanya.

Sebagai ibu, tentu sudah nggak asing dengan istilah MPASI yaitu makanan pendamping ASI yang diberikan pada anak. Pemberian MPASI ini bertujuan untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

Biasanya, bayi akan mulai diberikan MPASI saat mencapai usia 6 bulan atau berdasarkan rekomendasi dari dokter. Selain melihat dari usia anak, ibu juga perlu memperhatikan beberapa tanda-tanda anak sudah siap untuk MPASI. Wah, apa aja ya?

1 dari 2 halaman

Yang pertama yaitu si kecil sudah punya ketertarikan dengan makanan yang dimakan oleh orang lain. Saat ibu makan, perhatikan anak yang tampak ingin disuapi juga dengan makanan ibu tersebut. Nah, berarti si kecil ingin makanan selain ASI tuh, Mom.

Kemudian, yang juga perlu diperhatikan adalah apakah si kecil sudah mampu mengontrol kepala dan lehernya dengan baik. Ini tentu menjadi hal yang penting mengingat saat makan, kepala harus tegap agar makanan bisa dikunyah dan masuk dengan mudah melalui sistem pencernaan.

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

2 dari 2 halaman

Selain itu, pastikan pula anak sudah bisa duduk sendiri dengan benar bahkan tanpa bantuan ibunya. Saat makan, anak diposisikan duduk agar makanan lebih mudah masuk dan dicerna oleh si kecil.

Yang terakhir yaitu biasanya beberapa anak akan mulai suka memasukkan benda-benda ke mulutnya. Ini salah satu tanda si kecil ingin mengunyah makanan juga seperti halnya saat orang tuanya sedang makan.

Nah, kalau si kecil sudah menunjukkan beberapa tanda di atas itu, berarti sudah siap untuk MPASI ya, Mom. Kalau ada tanda-tanda lainnya yang Mom tahu, silahkan komen di bawah ini ya untuk bertukar informasi. Semoga membantu.

Beri Komentar