Jari Kakinya Bengkak, Bayi Ini Ternyata Alami Kondisi Langka Gara-Gara Sehelai Rambut

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 20 Agustus 2020 08:37
Jari Kakinya Bengkak, Bayi Ini Ternyata Alami Kondisi Langka Gara-Gara Sehelai Rambut
Yuk, sama-sama waspada, Moms!

Siapa yang nggak panik saat kondisi pada bagian tubuh anak tiba-tiba berubah dan menunjukkan hal yang nggak wajar? Tentunya setiap orang tua pasti merasakan ketakutan saat hal itu terjadi.

Begitu juga dengan seorang ibu bernama Jill Mraidi yang tinggal di Orlando, Florida. Dilansir dari Good Morning America, putranya yang bernama Qasim tiba-tiba mengalami pembengkakan pada jari kakinya setelah Jill menemukan sehelai rambut melilit di jari kaki sang anak.

Jill mengaku merasa kaget saat melihat kondisi anaknya. Ibu dari empat orang anak itu akhirnya memutuskan untuk memeriksakan Qasim ke rumah sakit.

1 dari 4 halaman

Kaki Qasim © Diadona

Setelah ditangani dokter, ternyata diketahui bahwa anaknya terkena sindrom tourniquet hair. Kondisi ini cukup jarang terjadi dan berbahaya, namun pada bayi hal ini bisa dicegah.

Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, tourniquet hair biasanya terjadi saat rambut terjerat di jari tangan, jari kaki, dan terkadang area genital. Dalam kasus yang parah, rambut bisa memutus suplai darah dan anak berisiko diamputasi.

2 dari 4 halaman

dr. Alexander Davit, seorang ahli bedah tangan anak di Children's Hospital of Pittsburgh, mengungkapkan bahwa kondisi ini sangat langka. Biasanya hal ini memberikan pengaruh pada bayi yang baru lahir.

Sementara di tahun 2016, seorang ayah di Kansas menjadi viral di Facebook setelah foto kaki bengkak putrinya yang baru berusia 5 bulan menjadi bahan pembicaraan. Anak itu juga mengalami tourniquet hair yang dilepas ibunya dengan menggunakan penjepit.

3 dari 4 halaman

Jill Mraidi © Diadona

Jill curiga bahwa tourniquet hair yang ada pada Qasim rontok saat dia melepas kaus kakinya. Saat itu kondisi kaki Qasim masih merah dan bengkak.

Jill mengatakan bahwa dia belum pernah mendengar tentang sindrom tourniquet hair. Setelah melahirkan, dia memang sempat mengalami kerontokan rambut. Jill menduga ada rambut yang tersangkut di kaus kaki anaknya yang masih bayi.

4 dari 4 halaman

dr. Alexander Davit yang telah menangani sendiri beberapa kasus ini mencatat bahwa hal itu bisa menjadi penyebab umum sindrom tourniquet hair. Banyak ibu yang mengalami rambut rontok setelah melahirkan dan hal itu membuat bayi bersiko terkena sindrom tersebut.

Jill pun membagikan foto anaknya di Instagram agar para ibu bisa mengantisipasi hal tersebut. Postingan tersebut ramai dibicarakan dan ternyata banyak juga ibu yang menghadapi kejadian serupa.

Semoga setelah mengetahui hal ini kita bisa lebih hati-hati ya, Moms!

Beri Komentar