Jangan Paksa Si Kecil Tidur Sendirian, Ini loh Tandanya Kalau Mereka Belum Siap

Reporter : Sofi
Minggu, 3 Mei 2020 12:47
Jangan Paksa Si Kecil Tidur Sendirian, Ini loh Tandanya Kalau Mereka Belum Siap
Kenali dulu tanda-tandanya ya Moms.

Biasanya orang tua akan membuat si kecil tidur sendiri, ketika dirasa mereka siap akan hal itu. Mungkin tujuannya untuk kemandirian mereka, tapi Moms perlu juga untuk melihat kesiapan si kecil untuk membuatnya tidur sendiri. Tidak memperhatikan tanda si kecil belum siap tidur sendiri bukan cuma akan membuat masa transisi jadi sulit, tapi juga bisa membuat masalah tidur.

Jadi Moms, kenali tanda si kecil yang belum siap untuk tidur sendiri. Berikut tanda-tandanya yang dirangkum dari parenting.orami.co.id.

1 dari 5 halaman

1. Dalam Masa Sulit

Ilustrasi Anak Menangis © Diadona

Ternyata gak cuman orang dewasa saja Moms yang punya masa sulit, balita ternyata juga mempunyai masanya sendiri. Potty training, menghadap perceraian, pindah ke rumah baru, dan kehilangan binatang peliharaan bisa menjadi masa sulit bagi mereka.

Menurut Andrew Bernstein dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, masa sulit perlu dilihat sebagai tanda si kecil belum siap tidur sendiri, karena bila dipaksakan bisa membuat balita mengalami tekanan.

2 dari 5 halaman

2. Memiliki Gangguan Tidur

Ilustrasi Anak Ketakutan © Diadona

Jika si kecil memiliki gangguan tidur, ada baiknya jika mengatasi gangguan tersebut. Dengan menjalankan rutinitas tidur yang baik, ini bisa membuat si kecil bisa lebih cepat tidur dengan nyenyak sepanjang malam. Memaksakan mereka tidur di kamar sendiri sebelum masalah tidurnya teratasi akan memperparah kondisinya.

3 dari 5 halaman

3. Usia di Bawah 3 Tahun

ilustrasi anak tidur © Diadona

Mungkin bagi sebagian orang balita yang berusia 2,5 tahun sudah terlihat lebih mandiri. Tapi sebenarnya, mereka belum punya kemampuan motorik yang cukup untuk naik dan turun sendiri dari tempat tidur berukuran besar. Selain itu, balita berusia di bawah tiga tahun yang sebelumnya terbiasa tidur bersama orang tua juga belum siap secara mental untuk mengerti instruksi 'Diam di kamar dan tidur sendiri ya, dek'.

Menurut The National Sleep Foundation, lebih baik jika Moms menunggu beberapa bulan sebelum mulai membiasakan si kecil tidur sendiri biar masa transisi lebih mudah.

4 dari 5 halaman

4. Masih Nyaman dengan Tempat Tidurnya yang Lama

Anak tidur sendiri © Diadona

Jangan paksakan juga si kecil yang masih terlihat nyaman dalam box bayinya yang terletak satu kamar dengan Moms ya. Mungkin Moms bisa secara bertahap untuk mengenalkannya dengan tempat tidur baru di kamar yang terpisah. Dimulai dengan menjadikan tempat tidurnya yang baru untuk membaca cerita sebelum tidur, atau mendorong tidur siang di sana.

5 dari 5 halaman

Gak ada salahnya untuk membiarkan si kecil untuk tidur bersama Moms samapi usia empat tahun atau setidaknya sampai masuk sekolah dasar. Ketika mereka siap, mereka akan meminta untuk tidur sendiri kok Moms. Jadi kenali dulu, dan jangan teburu-buru ya Moms! Semoga bermanfaat!

Beri Komentar