Anak Suka Menyalahkan Orang Lain? Jangan Langsung Marah, Cari Tahu Penyebabnya Moms

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 1 Mei 2020 07:15
Anak Suka Menyalahkan Orang Lain? Jangan Langsung Marah, Cari Tahu Penyebabnya Moms
Pokoknya jangan keburu marah Moms..

Kepribadian dan perilaku anak sedikit banyk mendapat pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Didikan yang baik pun akan membuat anak tumbuh menjadi sosok yang baik, begitu juga sebaliknya.

Meski demikian, kadang masih ada saja beberapa hal yang terluput dari pengawasan. Hal tersebut bisa jadi menimbulkan sedikit karakter yang ternyata tumbuh menjadi hal negatif. Salah satunya yakni manakala anak kerap kali menyalahkan orang lain.

Sebelum Mama memarahi anak karena perilaku tersebut, ada baiknya kita sama-sama mencari tahu penyebab dari perilaku tersebut.

1 dari 3 halaman

1. Tidak Diajarkan Jujur Sejak Kecil

Kejujuran adalah salah satu nilai moral yang patut diajarkan sejak anak berusia dini. Cara ini akan membentuk anak untuk selalu berkata jujur, bahkan sekalipun melakukan kesalahan. Dengan kejujuran, anak tidak akan menyalahkan orang lain.

2. Mencontoh Sikap Defensif Orangtua

Sebagaimana yang kita tahu bahwa anak seringkali meniru perilaku orangtuanya. Nah, bisa jadi nih anak pernah melihat Mama atau Papa yang bersikap tidak ingin disalahkan. Sikap tersebut akan dianggap wajar oleh anak, karena mereka melihat orangtuanya pun berbuat demikian.

2 dari 3 halaman

3. Tidak Dididik Mengenai Adanya Risiko

Anak bisa menyalahkan orang lain, karena kadangkala mereka tidak mengetahui yang namanya risiko. Untuk itu, Mama dan Papa perlu mengajarkan pada si kecil bahwa setiap perbuatan pasti memiliki risiko. Hal ini harus terus menerus ditanamkan agar anak memahami adanya tanggung jawab dan risiko, tanpa perlu menyalahkan orang lain.

4. Terbiasa Menyalahkan Keadaan

Sudah bukan hal biasa jika ada sesuatu yang menimpa anak, orang tua akan menyalahkan keadaan di sekitarnya. Nah hal ini juga bisa menjadi pemicu anak menyalahkan orang lain. Ada baiknya jika Mama mengajarkan anak untuk menghadapi setiap keadaan dan mengetahui setiap risiko yang mungkin bisa menimpanya.

3 dari 3 halaman

5. Tidak Mendapat Perhatian Orangtua

Anak yang suka menyalahkan orang lain ternyata bisa disebabkan karena ia sengaja mencari perhatian dari orangtuanya. Ia sengaja membuat masalah dan menyalahkan orang lain, semata hanya agar diperhatikan oleh Mama dan Papa.


Anak yang suka menyalahkan orang lain, tidak mungkin terjadi begitu saja. Untuk itulah didikan yang baik perlu dilakukan. Tapi yang tak kalah penting yakni kedekatan antara orangtua dan anak, dengan demikian orangtua benar-benar bisa memahami perasaan sang buah hati.

Beri Komentar