Ini loh Mom Bahaya Saat Bayi Gigit-Gigit Mainan Plastik

Reporter : Riza Umami
Senin, 31 Agustus 2020 13:17
Ini loh Mom Bahaya Saat Bayi Gigit-Gigit Mainan Plastik
Bahaya bayi yang gigit-gigit mainan plastik.

Kebanyakan mainan bayi terbuat dari bahan plastik yang dinilai lebih aman dan tidak menyebabkan luka pada anak. Meski begitu ternyata mainan plastik ini juga bisa bahaya lho untuk anak apabila sampai digigit-gigit oleh si kecil.

Dilansir dari laman klikdokter.com (30/08), dr. Devia Irine Putri mengatakan perlu memperhatikan mainan plastik anak karena bila sobek, mainan itu tentu bisa melukai mulut anak saat dia lagi menggigit-gigit mainan tersebut.

1 dari 2 halaman

Dia juga menambahkan bahwa saat membeli mainan plastik untuk anak ini, pastikan tidak mengandung bahan BPA dan phthalate yang bila masuk ke dalam tubuh saat mainannya digigit-gigit oleh anak, maka bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi anak.

ilustrasi bayi bermain © Diadona

Selain itu, hindari pula mainan yang mengandung bahan berbahaya seperti timah dan juga PVC. Pastikan betul-betul pada label mainan yang akan dibeli untuk anak itu, terbuat dari bahan apa saja. Akan lebih baik pula jika di mainan itu ada label SNI (Standar Nasional Indonesia).

2 dari 2 halaman

Dokter ini juga menyarankan lebih baik membelikan anak yang lebih aman misalnya seperti teether atau finger food yang tidak memengaruhi gigi, malah akan nyaman digunakan oleh anak.

Nah, itulah bahayanya menggigit mainan pada anak. Selain itu, sangat penting untuk memastikan dulu mainan yang ibu beli untuk anak ini terbuat dari bahan-bahan yang aman atau tidak. Semoga membantu ya, Mom.

Beri Komentar