Gimana sih Cara Menggosok Gigi Bayi yang Aman Mom?

Reporter : Riza Umami
Rabu, 26 Agustus 2020 09:17
Gimana sih Cara Menggosok Gigi Bayi yang Aman Mom?
Cara menggosok gigi si kecil.

Bayi biasanya akan memiliki gigi susu yang tumbuh hanya untuk sementara. Kemudian, nanti bila dia sudah beranjak makin besar, gigi ini pun akan tanggal dan tergantikan dengan gigi yang permanen.

Namun, mungkin Mom masih bingung ya gimana sih cara menggosok gigi bayi ini yang aman? Dilansir dari laman parenting.orami.co.id (19/08), ini beberapa tips saat ibu mau menggosok gigi bayi.

1 dari 4 halaman

1. Siapkan Alat untuk Menggosok Gigi Anak

Ilustrasi Bayi © Diadona

Sebelum menyikat gigi anak, pastikan dulu Mom sudah menyiapkan pijakan untuk anak ini yang kuat dan tidak licin agar aman untuk si kecil. Selain itu, sebaiknya untuk sikat gigi dan pasta gigi diletakkan di tempat yang mudah dijangkau dan bisa menggunakan sikat gigi yang lucu agar anak makin tertarik untuk menggosok gigi.

2 dari 4 halaman

2. Gosoklah dengan Lembut

ilustrasi bayi © Diadona

Gigi susu pada bayi tentu ukurannya lebih kecil dan gusi si kecil pun masih sensitif, oleh sebab itu ibu harus menggosok gigi anak ini dengan lembut dan tak perlu terburu-buru. Apabila bayi tak suka menggunakan sikat gigi, ibu bisa menggunakan waslap yang lembut.

3 dari 4 halaman

3. Biarkan Si Kecil Bermain

Ilustrasi Bayi Tumbuh Gigi © Diadona

Bayi ini memang cenderung suka bermain dan mudah penasaran dengan banyak benda yang ada di sekitarnya. Bila bayi ingin memegang pasta gigi atau sikat giginya, coba untuk biarkan rasa ketertarikannya itu. Lalu, perlahan Mom bisa memberikan contoh gimana cara menggosok giginya dengan sikat gigi tersebut.

4 dari 4 halaman

4. Berikan Contoh

ilustrasi bayi © Diadona

Di awal mungkin Mom bisa membantu si kecil menyikat giginya. Namun, seiring berjalannya waktu, biarkan si kecil belajar untuk menyikat giginya sendiri. Pelan-pelan berikan contoh bagaimana cara menggosok gigi yang benar dan juga cara berkumur serta memuntahkan air ke wastafel.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk menggosok gigi bayi dan juga mengajarkannya gimana cara menggosok giginya sendiri. Semoga bermanfaat, Mom.

Beri Komentar