Ini 5 Manfaat Buah Hati Suka Mengoleksi Barang, Bukan Cuma Buang-Buang Duit

Reporter : Riza Umami
Kamis, 9 Juni 2022 21:17
Ini 5 Manfaat Buah Hati Suka Mengoleksi Barang, Bukan Cuma Buang-Buang Duit
Ternyata ada manfaatnya lho.

Sejumlah anak mungkin memiliki kegemaran mengoleksi barang-barang tertentu misalnya boneka, mobil-mobilan dan masih banyak lagi. Meski terkesan buang-buang waktu atau duit, ternyta mengoleksi barang ini ada manfaat tersendiri bagi anak.

Dilansir dari laman parenting.co.id, kebiasaan suka mengoleksi barang ini ternyata adalah salah satu upaya buah hati dalam mencari identitas dirinya. Melalui benda koleksinya, anak punya sesuatu yang bisa dia perlihatkan kepada orang-orang terdekatnya. Ini beberapa manfaat buah hati suka mengoleksi barang tertentu.

1 dari 5 halaman

1. Mengembangkan Kemampuannya untuk Mengorganisasi

Ilustrasi Anak BermainIlustrasi Anak Bermain © 2020 https://shutterstock.com/Sunon Komonpamorn

Ketika anak mengoleksi suatu barang, maka dia pun akan otomatis mengorganisasi atau mengatur barang-barang koleksinya tersebut. Biasanya, anak akan menyimpannya dengan baik supaya bisa dipamerkan nanti kepada orang-orang di sekitarnya. Orang tua pun bisa membantu anak membuatkan tempat untuk barang koleksinya tersebut.

2 dari 5 halaman

2. Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak

Ilustrasi Anak Bermain LegoIlustrasi Anak Bermain Lego © shutterstock.com/Gaukhar Yerkimbekova

Ternyata kebiasaan anak yang suka mengoleksi barang ini juga bisa membantu meningkatkan kemampuan matematikanya. Anak mungkin akan menghitung berapa jumlah barang yang sudah dia miliki dalam koleksinya tersebut. Buah hati pun jadi belajar menghitung secara sukarela.

3 dari 5 halaman

3. Menumbuhkan Kemampuan Membaca

Ilustrasi anak membaca sambil tiduranIlustrasi anak membaca sambil tiduran © sleepfoundation.com

Mungkin dalam barang-barang koleksi anak tersebut ada nama karakter atau informasi lainnya. Sebagai contoh bila anak suka mengoleksi dinosaurus, maka dia pun akan belajar tentang nama-nama dinosaurus tersebut. Anak pun mungkin mulai penasaran dan ingin membaca buku-buku tentang dinosaurus.

4 dari 5 halaman

4. Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Anak

ilustrasi anak bermainilustrasi anak bermain © 2020 https://www.diadona.id / @ mynannycircle

Saat punya barang koleksi, biasanya anak jadi suka memamerkan benda koleksinya tersebut. Tentu dia akan bersosialisasi dengan makin banyak orang saat menunjukkan barang-barang koleksinya tersebut. Tanpa disadari, kemampuan sosialisasi anak pun akan meningkat dengan cara ini.

5 dari 5 halaman

5. Anak Mengatur Keuangan Sendiri

Bila anak suka mengoleksi barang tertentu, ajarkan dia untuk membeli barang-barang koleksinya tersebut menggunakan uangnya sendiri. Dengan begini, anak pun mulai belajar untuk mengatur keuangannya sendiri. Mana uang yang dia gunakan untuk jajan dan juga ditabung untuk beli barang koleksi.

Itulah beberapa manfaat anak yang suka mengoleksi barang tertentu. Ternyata cukup banyak ya Mom keuntungannya. Oleh sebab itu, tak perlu melarang anak saat ia ingin mengoleksi barang atau mainan tertentu tetapi coba untuk mendukungnya.

Beri Komentar