Cara Mengatasi Anak yang Belum Lepas Popok hingga Umur 3 Tahun

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 28 Mei 2022 15:17
Cara Mengatasi Anak yang Belum Lepas Popok hingga Umur 3 Tahun
Anak masih belum bisa BAK atau BAB di toilet Mom? Gunakan beberapa cara berikut.

Sejumlah anak yang terbiasa menggunakan pampers hingga besar akan sulit untuk lepas dari popok dan tak bisa buang air kecil atau besar di kamar mandi. Kalau udah begini, ibu mungkin pusing mencari cara untuk mengatasinya.

Anak yang belum lepas popok di usia 3 tahun, bisa mengalami kesulitan saat ingin BAK atau BAB ketika ia berada di luar atau mungkin waktu belajar di PAUD. Lantas, bagaimana ya cara mengatasi anak yang belum lepas popok hingga umur 3 tahun?

Dilansir dari laman sehatq.com, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan.

1 dari 4 halaman

Batasi Pemakaian Popok pada Anak

Ibu perlu mulai membatasi pemakaian popok sekali pakai pada anak. Mom bisa memakaikan popok pada anak di saat-saat tertentu saja atau di malam hari karena takut ia ngompol nantinya. Perlahan kurangi popok anak hingga nanti ia bisa tak menggunakan popok sama sekali.

2 dari 4 halaman

Buat Rutinitas Buang Air di Toilet

Ilustrasi Anak Buang AirIlustrasi Anak Buang Air © 2020 https://shutterstock.com/christinarosepix

Latihlah anak agar ia punya rutinitas buang air di toilet dan gak melulu di popok. Ibu bisa menyakan pada anak apa dia mau BAK atau BAB saat mau tidur, bangun tidur atau selesai makan. Dengan begitu, perlahan anak akan mulai terbiasa pipis di toilet.

3 dari 4 halaman

Jauhkan Buah Hati dari Popok

ilustrasi popok bayiilustrasi popok bayi © iStockPhoto

Beberapa anak ingin pakai popok ketika ia melihatnya. Kalau alasannya karena hal tersebut, maka ibu perlu menjauhkan anak dari popok. Jangan diperlihatkan sama sekali. Mom pun bisa memakaikan celana dalam dengan gambar-gambar yang lucu biar anak makin semangat pakainya.

4 dari 4 halaman

Jangan Memaksa dan Beri Pujian

Ilustrasi anak buang airIlustrasi anak buang air © undefiningmotherhood.com

Sejumlah anak ada yang bahkan tak bisa BAB di toilet dan hanya bisa di popok. Ibu pun jangan sampai terlalu memaksa anak kalau ia harus buang air di toilet karena kalau dipaksa anak malah bisa nangis hingga trauma. Perlahan bujuk dia dengan cara yang lembut serta berikan anak pujian saat ia berhasil BAK atau BAB di toilet.

Beri Komentar