Sederet Mitos MPASI yang Masih Sering Beredar di Kalangan Ibu

Reporter : Riza Umami
Selasa, 7 Juni 2022 10:17
Sederet Mitos MPASI yang Masih Sering Beredar di Kalangan Ibu
Ini beberapa mitos MPASI yang perlu Mom ketahui.

Beberapa mitos seputas MPASI masih beredar di kalangan ibu sekarang ini. Salah satu yang mungkin pernah Mom dengar yaitu tak boleh memberikan makan bayi dengan hati ayam karena mengandung racun.

Padahal itu adalah mitos semata karena sebenarnya hati ayam adalah salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk si kecil. Hal ini disebabkan karena hati ayam mengandung zat besi, vitamin A, asam folat dan juga vitamin B12.

Dilansir dari unggahan di akun Instagram @mpasibayisehat, berikut ini sederet mitos MPASI yang masih sering beredar di kalangan ibu.

1 dari 4 halaman

Mitos Jus Buah Diberikan sebagai Pengganti Buah Segar

ilustrasi bayi makanilustrasi bayi makan © sleepbaby.org

Faktanya jus buah tak bisa menggantikan buah segar. Hal ini karena jus buah mengandung kandungan gula yang tinggi serta rendah serat, berbeda dengan buah segar yang memang alami. AAP bahkan tidak merekomendasikan pemberian jus buah kepada anak yang usianya di bawah 1 tahun.

2 dari 4 halaman

Mitos MPASI Terfortifikasi Adalah Menu Tunggal

ilustrasi bayi makanilustrasi bayi makan © unsplash.com / linsyorozuya

Faktanya, meski yang tercamtum dalam kemasan MPASI terfortifikasi hanya satu rasa, tetapi itu tidak termasuk ke dalam menu tunggal karena sebenarnya MPASI instan ini terbuat dari berbagai bahan dan mengandung berbagai zat gizi.

3 dari 4 halaman

Mitos Menghindari Makanan yang Bisa Memicu Alergi

Ilustrasi Bayi MakanIlustrasi Bayi Makan © .honestdocs.id

Faktanya, makanan yang bisa memicu alergi seperti telur, ikan, kacang-kacangan dan udang sudah bisa dikonsumsi oleh si kecil sejak awal MPASI. Menunda pemberian beberapa jenis makanan ini ternyata malah bisa meningkatkan risiko anak mengalami alergi.

4 dari 4 halaman

Mitos Hati Ayam Tak Boleh Diberikan Pada Bayi Karena Mengandung Racun

Ilustrasi Bayi MakanIlustrasi Bayi Makan © https://www.shutterstock.com/id/g/alice-photo

Faktanya, hati ayam sangat baik untuk si kecil karena kandungan di dalamnya. Hati ayam dan hati sapi pun sudah bisa diberikan pada anak sejak awal MPASI. Hati sebenarnya tidak mengandung racun, tetapi malah mengandung protein dan zat besi yang baik untuk tumbuh kembang otak anak.

Itulah beberapa mitos dan fakta seputas MPASI yang perlu Mom ketahui. Berbagai informasi jangan langsung ditelan mentah-mentah ya Mom tetapi perlu dicari tahu kebenarannya.

Beri Komentar