Jalan-Jalan di Alam Terbuka Ternyata Bisa Mencerdaskan Anak lho Mom

Reporter : Riza Umami
Rabu, 8 Juni 2022 09:17
Jalan-Jalan di Alam Terbuka Ternyata Bisa Mencerdaskan Anak lho Mom
Berikut ini penjelasannya.

Anak pasti suka ya Mom saat diajak jalan-jalan ke alam terbuka oleh orang tuanya apalagi ada banyak hal yang bisa anak lihat ketika pergi keluar. Anak bisa berlari-lari sambil bermain di alam.

Ternyata jalan-jalan di alam terbuka seperti ini gak hanya menyenangkan lho Mom tetapi juga bisa mencerdaskan anak. Dilansir dari laman parenting.co.id, ahli syaraf dari Washington State University, AS, yaitu Profesor Jaak Panksepp menjelaskan bahwa bermain di alam terbuka bisa meningkatkan perkembangan otak anak.

1 dari 4 halaman

Profesor Jaak Panksepp memperkenalkan istilah seeking system dan play system yang ada dalam sistem limbik otak anak di mana sistem ini akan aktif bekerja ketika anak tengah berada di lingkungan terbuka. Seeking system dan play system bisa terlatih dengan cara eksplorasi serta belajar interaktif.

Beberapa hal yang bisa melatih play system yaitu mengajak anak bermain di pasir sambil mengubur kakinya di dalam pasir, ngusilin anak dengan ranting pohon dan yang lainnya. Kegiatan sederhana seperti ini ternyata bisa memberikan stimulus pada sensori anak.

2 dari 4 halaman

ilustrasi anak bermainilustrasi anak bermain © Twenty20

Kemudian, Mom bisa melatih seeking system anak misalnya dengan mengajaknya mengeksplorasi ladang, sawah, pantai, taman dan beberapa tempat di alam terbuka lainnya. Namun, dua sistem ini tak akan terlatih kalau Mom hanya membiarkan anak main di dalam rumah saja.

3 dari 4 halaman

Menurut Profesor Jaak Panksepp anak yang kerap diajak jalan-jalan ke alam terbuka akan membuat seeking system dan play system-nya akan semakin terlatih. Hal ini pun akan membuat otak mengalami pertumbuhan serta pematangan di lobus depan yaitu bagian otak yang paling penting dalam fungsi kognitif serta keccerdasan sosial.

Selain itu, bermain di alam terbuka ternyata juga bisa meningkatkan IQ anak lho Mom. Menurut Dr. Margot Sunderland yang merupakan psikoterapis anak di London, lingkungan alam ini menawarkan berbagai pengalaman sosial, kognisi, sensorik serta fisikal kepada anak.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak BermainIlustrasi Anak Bermain © shutterstock

Dia pun mengatakan bahwa otak anak yang terbiasa dirangsang dengan alam terbuka seperti ini akan cenderung mempunyai IQ yang lebih tinggi. Wah, ternyata penting banget ya manfaat dari mengajak anak jalan-jalan ke alam terbuka. Yuk Mom, ajak anak-anak main di alam terbuka!

Beri Komentar