Ibu Hamil Nggak Boleh Pake Sendal Jepit, Kenapa Ya?

Reporter : Mila
Selasa, 3 Maret 2020 10:40
Ibu Hamil Nggak Boleh Pake Sendal Jepit, Kenapa Ya?
Nggak banyak yang tahu, tapi pake sendal jepit buat ibu hamil bahaya lho!

Kehamilan adalah momen penting bagi ibu. Nggak heran ya waktu hamil ada banyak pantangan dan hal yang harus dihindari ibu untuk menjaga calon si bayi. Mulai dari makanan yang dikonsumsi, aktifitas yang dilakukan, pakaian yang dikenakan, bahkan hingga alas kaki yang dipakai.

Seperti yang kita ketahui, wanita hamil dilarang menggunakan sepatu berhak tinggi (high heels), karena dapat membayakan ibu maupun janin. Sebagai gantinya, biasanya ibu menggunakan alas kaki yang datar seperti sendal jepit.

Tapi tahu nggak sih, ternyata pakai sendal jepit waktu hamil justru berbahaya lho!

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Sandal © Diadona

Dr Goh Shen Li, seorang konsultan kebidanan dan kandungan di Mount Alvernia Hospital, menjelaskan ibu hamil yang menggunakan sendal jepit akan mengalami plantar fasciitis atau rasa sakit di bagian tumit dan kaki.

“ Kehamilan memberi tekanan ekstra pada persendian bawah dan kaki. Sementara sandal jepit beralas datar tidak cukup memberikan dukungan lengkung yang diperlukan telapak kaki," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Karena penggunaan sendal jepit yang nggak dianjurkan, maka wanita yang sedang hamil bisa memakai alas kaki yang menahan dan menopang seluruh permukaan telapak kaki dengan baik, seperti sepatu.

" Untuk itu, ibu hamil sebaiknya memilih sepatu yang pas di kaki, dengan tumit yang datar," Tutup Dr Goh.

 

Beri Komentar