Gak Mau kan Anak Jadi Rasis? Begini Cara Jelaskan Tentang Rasisme pada Mereka

Reporter : Hevy Zil Umami
Minggu, 7 Juni 2020 18:45
Gak Mau kan Anak Jadi Rasis? Begini Cara Jelaskan Tentang Rasisme pada Mereka
Menjelaskan ras dan rasisme kepada anak-anak bisa terasa seperti sebuah tantangan besar bagi orang tua, tetapi tidak musti begitu juga kok. Berikut panduan usia demi usia untuk mengatasi hal ini.

Sebagai orang tua, sudahkah kamu mulai berbicara dengan anak-anak tentang ras dan rasisme? Atau mungkin kamu pikir mereka masih terlalu muda atau bahwa percakapan tertentu tidak terlalu diperlukan?

Anak-anak tidak pernah terlalu muda, dan dialog berkelanjutan tentang ras dan rasisme adalah ide yang sangat bagus, kata Rachel Berman, direktur program pascasarjana dari School of Early Childhood Studies di Ryerson University di Toronto dan seorang peneliti pada proyek bernama 'Can We Talk Tentang Ras? Menghadapi Kebutaan Warna pada Pengaturan Anak Usia Dini.'

“Anak-anak membutuhkan orang dewasa untuk membantu mereka mengembangkan rasa hormat dan penerimaan orang lain,” katanya. “Tidak berbicara tentang ras dan rasisme mengirim pesan kepada anak-anak bahwa ini adalah topik yang tabu, berapa pun usianya.” Terlebih lagi, tambahnya, "Anak-anak yang mungkin menjadi target rasisme mungkin perlu membantu menegosiasikan perasaan mereka dan mencari tahu bagaimana merespons apa yang mereka alami."

Tetapi bagaimana baiknya orang tua memulai percakapan? Melansir dari Today's Parent, setiap kelompok umur memiliki kebutuhan yang berbeda. Baca terus untuk mengetahui cara memulai pembicaraan dengan anak kita.

1 dari 4 halaman

Bayi dan Balita

Ilustrasi Orang Tua dan Anak © Diadona

Ciptakan lingkungan di mana mereka dapat belajar tentang perbedaan dan persamaan antara orang-orang dari berbagai ras, budaya dan agama pada usia dini, kata Karen Mock, seorang psikolog pendidikan dan konsultan hak asasi manusia di Toronto. Baca buku bergambar dan tunjukkan pada mereka acara TV dan film yang punya acara anak-anak, dengan asal yang beragam, dari budaya, dan agama, sampai fisik, tetapi sertakan contoh bahwa anak-anak dengan perbedaan fisik, budaya, dan agama ini juga melakukan banyak hal sehari-hari bersama, sehingga mereka tidak akan melihat perbedaan sebagai sesuatu yang eksotis, kata Annette Henry, Ketua David Lam dalam Pendidikan Multikultural dan seorang profesor di departemen pendidikan bahasa dan literasi di University of British Columbia.

2 dari 4 halaman

Anak Usia Pra-sekolah

Ilustrasi Orang Tua dan Anak © Diadona

Pada sekitar usia tiga tahun, anak-anak mulai menggunakan ras, biasanya untuk membuat keputusan tentang siapa yang akan meraka ajak bermain, kata Berman. Mereka melakukannya berkat bias yang secara tidak sadar mereka kembangkan atau karena mereka beralasan bahwa orang yang mirip fisiknya dengan mereka, akan lebih punya kesamaan lainnya dengan mereka.

Anak-anak pada usia ini juga dapat membuat pernyataan menyakitkan yang perlu dipersiapkan oleh orang tua untuk merespons. " Jika seorang anak berkomentar tentang anak lain, seperti 'Kulitnya terlihat kotor,' jangan menenangkannya atau mengganti topik pembicaraan," kata Berman. " Sebaliknya, tanyakan kepada anak mengapa ia berpikir begitu dan beri penjelasan bahwa kulit yang lebih gelap tidak kotor. Perhatikan komentar dan pertanyaan anak dengan serius."

Orang tua harus sangat berhati-hati dalam menyampaikan prasangka mereka sendiri, bahkan sebelum anak-anak memahami konsep rasisme, kata Shimi Kang, seorang psikiater dan direktur medis kesehatan mental anak dan remaja untuk program komunitas Vancouver Coastal Health.

3 dari 4 halaman

Anak Usia SD

Ilustrasi Orang Tua dan Anak © Diadona

Ketika anak-anak mulai sekolah, lingkaran pertemanan mereka melebar, yang berarti bahwa mereka mungkin memerlukan panduan yang lebih eksplisit tentang ras dan rasisme.

Anak-anak seusia ini sudah mendapatkan pesan-pesan halus, sering tak terucapkan dari TV, film dan politisi tentang siapa yang memiliki kekuatan dan siapa yang dihargai dalam masyarakat kita, kata Berman. Kita harus mulai mengajar mereka untuk menjadi pembaca dan pemirsa yang kritis. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada mereka seperti, " Apakah ada kelompok tertentu yang tidak pernah menjadi pahlawan dalam buku komik dan film?" dan " Siapa yang dianggap 'cantik'?"

Penting untuk membantu anak-anak menyadari bahwa rasisme dan prasangka tidak terbatas pada masa lalu. Di masa kini yang lebih modern, Kang menyarankan agar orang tua memberi tahu anak-anak kebenaran, memberi mereka informasi yang sesuai usia, tetapi biarkan mereka memimpin percakapan.

4 dari 4 halaman

Remaja

Ilustrasi Orang Tua dan Anak © Diadona

Anak-anak yang lebih tua dapat memiliki percakapan yang lebih mendalam tentang isu-isu rasisme dan prasangka dan peran yang mungkin mereka mainkan dalam mendukung mereka. Pada usia ini, orang tua dapat melakukan diskusi yang lebih canggih tentang topik-topik seperti Black Lives Matter dan profil rasial, kata Henry, Ketua David Lam dalam Pendidikan Multikultural dan seorang profesor di departemen pendidikan bahasa dan literasi di University of British Columbia.

Anak remaja mungkin juga menghabiskan waktu online, yang meningkatkan risiko mereka mendapatkan fakta yang salah. “ Orang tua harus selaras dengan tempat anak-anak mereka mendapatkan informasi mereka,” kata Kang.

“ Sangat mudah untuk berakhir di alur informasi Twitter di mana ada banyak kebencian. Tapi itu tidak masuk akal, jadi orang tua dari anak-anak yang lebih besar harus benar-benar memperhatikan pandangan ekstrem.” Orang tua harus mendorong anak-anak mereka untuk berpikir kritis tentang sumber apa pun dan, jika orang tua percaya pandangan anak-anak ekstrem, cobalah untuk mengoreksi mitos yang mereka miliki.

Beri Komentar