Tips Parenting agar Bijak dalam Mendidik Anak untuk Ibu Muda

Reporter : Riza Umami
Kamis, 21 Januari 2021 12:17
Tips Parenting agar Bijak dalam Mendidik Anak untuk Ibu Muda
Berikut beberapa tips parenting supaya bijak dalam mendidik anak.

Terkadang ada kekhawatiran dalam mendidik anak untuk ibu muda yang masih tak ada pengalaman apalagi banyak orang yang mengatakan bahwa membesarkan dan mendidik anak itu bukanlah hal yang mudah. Benar demikian?

Tentu kita berharap bisa menjadi ibu yang bijak dalam mendidik buah hati. Lantas, kira-kira bagaimana caranya? Dilansir dari laman id.theasianparent.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para ibu muda agar bisa bijak dalam mendidik anak.

1 dari 4 halaman

1. Memberikan Perhatian Penuh Ketika Anak Bermain

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Anak-anak biasanya sangat suka bermain bahkan itu adalah dunianya. Tiap hari selalu ada hal yang ingin anak eksplorasi apalagi karena di usianya tersebut anak mudah penasaran dengan banyak hal di sekitarnya.

Saat anak bermain seperti ini, ibu perlu untuk memberikan perhatian penuh pada anak. Temani anak bermain dan jangan hanya sibuk sendiri. Berikan anak kasih sayang dan perhatian yang utuh.

2 dari 4 halaman

2. Tak Perlu Banyak Melarang Anak

ilustrasi ibu dan anak sehat © Diadona

Ketika anak bermain, biasanya dia akan menjadikan apa saja yang ada di dekatnya sebagai bahan mainan seperti air, tanah, dan lain sebagainya. Ibu tak perlu terlalu melarang anak misalnya tak membolehkannya main tanah karena kotor.

Daripada terus-menerus melarang anak untuk ini dan itu alangkah lebih baik ibu memang menyediakan media yang aman untuk bermain misalnya tanah yang kotor digantikan dengan agar-agar atau masih banyak lagi trik parenting yang lain.

3 dari 4 halaman

3. Jangan Main Fisik Pada Anak

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Saat anak rewel atau menangis, sebagian ibu malah tersulut emosi dan memarahi anaknya bahkan ada yang sampai dipukul entah dicubit atau yang lainnya. Ini sangatlah tidak dianjurkan karena bisa berpengaruh pada mental dan kepribadian anak apalagi jika dilakukan terus-menerus.

Bukan tak mungkin, ibu yang ringan tangan pada anaknya akan menciptakan seorang anak yang nantinya juga suka menggunakan kekerasan ketika sudah besar nanti. Apalagi anak memang biasanya banyak meniru dari orang tuanya baik disadari atau tidak.

4 dari 4 halaman

4. Biasakan Anak Jadi Mandiri

ilustrasi anak mandiri © Diadona

Meski masih kecil, ibu perlu mengajarkan anak agar nantinya dia tumbuh menjadi orang yang mandiri. Salah satu caranya yaitu dengan meminta anak untuk membereskan mainannya sendiri ketika sudah selesai bermain.

Biasakan anak untuk melakukan hal-hal sederhana seperti ini dengan usahanya sendiri. Selain itu, masih banyak lagi contohnya mengajari anak makan sendiri, mandi sendiri, mencuci piring sendiri dan lain-lain.

Membesarkan anak memanglah tidak mudah apalagi untuk ibu yang masih belum ada pengalaman. Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan terus mengupgrade ilmu parenting agar pengetahuan yang Mom miliki seputar anak pun jadi makin luas. Semoga ulasan ini membantu ya Mom.

Beri Komentar