Gimana Ya Mom Caranya agar Anak Nggak Kuper selama Sekolah di Rumah?

Reporter : Riza Umami
Selasa, 29 September 2020 09:17
Gimana Ya Mom Caranya agar Anak Nggak Kuper selama Sekolah di Rumah?
Bagaimana ya caranya?

Sejumlah sekolah masih memberlakukan belajar secara online di rumah karena pandemi Covid yang belum berakhir hingga kini. Tentu anak jadi sangat jarang bertemu dengan teman-temannya karena mereka belajar di rumah masing-masing.

Hal ini mungkin akan menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua, takut bila anaknya jadi kuper karena akan menghambat kemampuan komunikasi dan interaksi anak selama belajar online di rumah ini. Lantas, bagaimana ya Mom untuk menghindari hal tersebut?

1 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Meski hanya di rumah, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih anak agar tetap bersosialisasi di masa pandemi ini. Cara yang dilakukan tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan pun tetap terjaga.

Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah membiarkan anak saat sedang melakukan video call dengan teman-temannya baik untuk belajar bareng atau sekadar ngobrol-ngobrol sambil haha hihi aja.

2 dari 3 halaman

Selain itu, anak juga bisa berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan keluarga yang ada di rumah seperti dengan ayah, ibu, adik, kakak dan lain sebagainya. Perbanyak menghabiskan waktu bersama keluarga ketika masa pandemi seperti ini yang membuat kita tak bisa terlalu banyak beraktivitas di luar rumah.

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Hal ini akan sangat baik untuk melatih anak dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain. Selain itu, ini juga sangat baik untuk menumbuhkan dan menciptakan kerukunan serta keharmonisan dalam keluarga tersebut.

3 dari 3 halaman

Menurut seorang psikolog dari laman klikdokter.com yang bernama Ikhsan Bella Persada, M.Psi., bergaul ini sangatlah penting untuk menunjang perkembangan psikososial anak. Bergaul ini bisa dilakukan dengan lingkungan dan teman sebayanya.

Ikhsan pun menambahkan bahwa saat bergaul ini, anak akan jadi lebih memahami situasi sekitarnya dan bisa mengembangkan kemampuan emosi pada dirinya saat berhubungan dengan orang lain. Oleh sebab itu, meski sekolah di rumah, anak jangan dibiarkan menjadi kurang pergaulan dengan temannya. Lakukan cara di atas untuk melatih anak berinteraksi dan bersosialisasi.

Beri Komentar