Jangan Cuek, Jawab Pertanyaan Anak dengan Detail Bisa Bantu Mereka Sukses di Masa Depan

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 27 September 2020 07:37
Jangan Cuek, Jawab Pertanyaan Anak dengan Detail Bisa Bantu Mereka Sukses di Masa Depan
Jangan cuek sama anak sendiri ya!

Membesarkan anak memang bukan hal yang mudah. Tapi saat kita memutuskan untuk menghadirkan anak ke dunia, kita harus bertanggung jawab penuh dengan hal itu.

Sambil belajar menjadi orang tua yang baik, di saat yang sama kita juga harus menghadapi anak yang selalu punya kejutan tersendiri untuk kita. Salah satunya adalah pertanyaan-pertanyaan yang mereka berikan untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka.

Beberapa orang tua nggak menyadari bahwa menjawab pertanyaan dan rasa penasaran anak adalah hal yang sangat penting. Bahkan hal ini bisa memengaruhi kesuksesan anak di masa depan.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Dilansir dari Brightside.me, salah satu cara untuk membangun komunikasi yang baik dengan anak adalah dengan melibatkan mereka dalam obrolan menggunakan metode tanya jawab. Bahkan peneliti telah menunjukkan bahwa mengambangkan pola bicara yang lebih baik bisa membantu anak-anak menjadi lebih sukses di sekolah.

Seperti yang kita ketahui, rasa ingin tahu adalah hal yang membantu banyak ilmuwan menemukan banyaka inovasi. Dengan cara yang sama, rasa ingin tahu juga bisa membuat anak menjadi lebih sukses untuk mencapai hasil luar biasa di sekolah.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Kita bisa membantu anak untuk lebih tertarik pada berbagai hal sejak dini. Dengan dorongan ini anak bisa mengembangkan rasa penasaran dan ketertarikan pada banyak hal sehingga dia akan benar-benar senang saat belajar.

Untuk mengembangkan hal itu, kita juga menambah penjelasan yang detail setiap kali anak bertanya tentang sesuatu. Saat anak mendapat jawaban yang singkat biasanya mereka nggak akan terus bertanya dan nggak bisa belajar lebih banyak.

3 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Menambahkan penjelasan yang detail akan melibatkan anak dalam percakapan yang lebih lama. Selanjutnya anak akan lebih fokus pada topik tersebut.

Beberapa orang tua mungkin merasa khawatir saat mendapat pertanyaan dari anak. Kita mungkin takut memberikan jawaban yang salam pada anak yang akhirnya justru menyesatkan mereka.

Beri Komentar