Kapan Ya Mom Waktu yang Tepat bagi Anak untuk Masuk Playgroup?

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 26 September 2020 12:17
Kapan Ya Mom Waktu yang Tepat bagi Anak untuk Masuk Playgroup?
Usia ideal anak masuk playgroup.

Sejumlah orang tua mungkin sedang bingung mau memasukkan anak ke Playgroup atau tidak, tetapi kok kayaknya masih terlalu kecil? Kalau dulu, anak biasanya akan masuk ke TK pada umur 4-5 tahun.

Namun, kini ada yang dinamakan dengan Playgroup yaitu sarana persiapan anak untuk memasuki usia sekolah. Biasanya, anak umur sekitar 3 tahun akan dimasukkan ke Playgroup oleh orang tuanya. Lantas, apakah itu memang usia yang ideal untuk anak mulai pendidikannya?

1 dari 3 halaman

Dilansir dari berbagai sumber, biasanya Playgroup ini sudah menerima murid yang berusia 2,5 tahun. Namun, ada orang tua yang sudah memasukkan anaknya ke Playgroup dari umur 1,5 tahun. Sebenarnya, hal itu boleh-boleh saja untuk dilakukan asal itu adalah kemauan anak sendiri dan tidak dipaksa oleh orang tuanya.

ilustrasi anak sekolah © Diadona

Lantas usia berapa sih idealnya untuk masuk Playgroup? Sebenarnya, tak ada patokan usia anak untuk anak bisa masuk Playgroup. Yang perlu diperhatikan adalah tanda kesiapan anak untuk masuk ke playgroup.

2 dari 3 halaman

Salah satu tandanya adalah anak sudah bisa pipis dan pup sendiri di toilet. Ini sangatlah penting karena ibu tak mungkin selalu menunggui anak di playgroup. Selain itu, bila guru yang harus membantu anak saat pipis atau pup di sekolah tentu itu akan cukup merepotkan.

Ilustrasi Anak Sekolah © Diadona

Selain itu, perhatikan pula apakah anak sudah bisa menyelesaikan dan mengerjakan beberapa hal yang mudah seperti meletakkan mainannya ke tempat semula, mengancingkan bajunya, duduk yang manis di tempat duduk dan hal-hal sejenis.

3 dari 3 halaman

Yang tak kalah penting yaitu kesiapan anak secara mental karena nantinya dia akan berpisah dengan ibu yang selalu menemaninya setiap saat ketika belajar di playgroup. Di awal, pasti anak akan menangis saat ditinggal ibunya, tetapi anak akan terus menangis atau ternyata sudah bisa beradaptasi dengan teman-teman barunya.

Nah, itulah waktu yang tepat si kecil untuk masuk ke playgroup. Yang terpenting pastikan dulu kalau anak memang mau dan tak perlu dipaksa ya Mom. Semoga membantu.

Beri Komentar